Mengenal Diet Militer yang Ekstrem Sekaligus Instan

28
Hati-hati ketika mengikuti diet yang ekstrem.

Diet militer yang sudah ada selama bertahun-tahun saat ini menjadi pola diet yang paling dicari di Google. Diet militer sangat memperhatikan jumlah kalori pada makanan yang kamu konsumsi sehari-hari. Pada dasarnya untuk melakukan pola diet ini kamu hanya boleh mengkonsumsi makanan yang rendah kalori dan rendah karbohidrat secara ketat.

“Salah satu diet terberat yang pernah saya ikuti ya diet militer. Minggu pertama sangat sengsara karena sangat lapar tapi enggak boleh bolong sama sekali. Pilih makanan yang energinya banyak agar enggak cepat lemas dan tetap bisa melakukan kegiatan sehari-hari,” ujar Nana selaku warga Gading Serpong.

Mengutip dari health.com, diet militer diklaim sebagai pola diet yang mampu menurunkan berat badan sebanyak 15 kg hanya ada waktu satu bulan. Diet ini akan memaksa tubuh untuk survive dan terbiasa dengan rasa lapar. Perlu kamu ketahui, kebutuhan kalori manusia adalah sebanyak 1800-2500 per hari. Tentu saja tubuh perlu adaptasi yg cukup ekstrem ketika melakukan diet militer. Untuk itu sebelum akhirnya memutuskan untuk melakukan diet ini, sebaiknya simak terlebih dahulu fakta-faktanya seputar diet militer berikut ini.

Namanya terinspirasi dari dunia militer

Meskipun namanya “diet militer” tetapi pola diet ini tidak dibuat oleh militer. Namanya terinspirasi dari keharusan seseorang yang menjalankan diet ini untuk disiplin dan memerlukan stamina yang kuat. Tujuannya untuk mencapai hasil yang optimal sama seperti karakter para tentara pada umumnya. Dalam menjalankan diet ini kamu tidak boleh main-main dalam menghitung jumlah kalori dan pola makan sehari-hari.

Mengikuti pola khusus secara disiplin

Kamu harus menjalankan panduan makan sesuai pola yang ada pada diet militer. Contohnya, dalam tiga hari pertama kamu akan diminta untuk mulai mengurangi asupan kalori dan begitu seterusnya. Dalam tiga hari ini pun kamu tidak diperbolehkan untuk mengkonsumsi camilan dalam bentuk apapun dan disarankan untuk minum air putih lebih banyak dari biasanya. Hari-hari berikutnya kamu harus sudah terbiasa dengan pola makan seperti itu.

Bisa efektif dan berhasil

Belum ada penelitian yang mengatakan bahwa diet militer aman dan efektif untuk  dilakukan. Tetapi pada dasarnya jika kamu memang sedang menjalani diet dan mengatur kalori yang masuk ke dalam tubuh setiap hari, diet militer akan sangat optimal hasilnya. Olahraga sangat disarankan untuk menyempurnakan hasil akhir.

Beresiko bagi penyakit tertentu

Diet militer sangat beresiko tinggi bagi mereka yang memiliki penyakit tekanan darah rendah atau stamina tubuh yang sangat lemah. Tidak banyak yang merekomendasikan diet militer karena alasan kesehatan. Jika kamu memang benar-benar ingin melakukan diet militer, jangan pernah lupa untuk mendengarkan tubuhmu sendiri. Berhentilah ketika diet malah menimbulkan berbagai penyakit.

 

Penulis: Maria Theresia

Foto ilustrasi: Pixabay.com/PublicDomainPictures

Follow Instagram @etalaseserpong