Mengenal Garlic Cheese Bread, Roti Viral dari Korea

66
Menikmati kuliner khas Korea Selatan.

Kuliner Korea Selatan memang selalu berhasil membuat kesengsem warga Indonesia. Setelah kopi Dalgona yang sempat viral di media sosial, kini giliran roti krim keju mereka yang ramai-ramai coba dibuat oleh banyak orang.

Selain tak sedikit orang coba membuat sendiri, roti ini juga laris manis dijual. Sorang pemilik toko roti di Jakarta misalnya, awalnya ia mengaku iseng mencoba membuat namun malah kebanjiran order. Setiap hari ia bisa menjual 160-200 buah roti. Begitu pula di media sosial, banyak berseliweran penjualan atau hasil pembuatan roti ini. Lalu bagaimana kisah roti ini sebenarnya di negara asalnya?

Kudapan Jalanan

Korean garlic bread akan dibungkus dengan kertas.

Kalau di sini kerap dijual secara online, di Korea Selatan roti ini merupakan street food alias makanan kaki lima. Tempatnya ada di stasiun kereta bawah tanah Gangnam yang ramai. Tak heran roti ini kerap jadi pilihan praktis para pekerja di sekitar daerah tersebut.

Untuk satu roti berdiameter sekitar 10 cm ini harganya 3.900 Won atau sekitar Rp 47.000. Tak jauh berbeda dengan di Indonesia. Di sini sebuah Korean Garlic Cheese Bread umumnya dijual dengan harga berkisar Rp 22 ribu – 55 ribu.

Baca juga: Jenis Makanan Yang Sebaiknya Disimpan Di Rumah

Masyarakat Korea sendiri juga antre membeli roti ini. Saking ramainya, sebuah stasiun televisi akhirnya meliputnya. Dari situlah mulai banyak usaha roti yang menjual korean garlic cheese bread. Beberapa memodifikasinya dengan tambahan isi seperti sosis atau bentuk lain.

Kenapa Disukai

Roti yang sudah diisi krim keju dicelupkan ke baskom besar berisi saus garlic.

Sebenarnya roti ini terbuat dari roti bun atau roti bulat biasa. Yang bikin ketagihan adalah isian krim keju dan lelehan saus bawang putihnya. Krim keju ini diselipkan di sela-sela roti yang diiris enam bagian hingga bagian tengahnya.

Baca juga: Mengenal Aneka Saus Pasta dalam Makanan Korea

Kemudian setelah diisi krim keju, roti ini dicelupkan ke baskom besar yang berisi saus bawang putih dengan taburan parsley. Membuat roti ini terbalut sempurna dengan saus gurih yang melimpah. Setelah itu roti tersebut dipanggang kembali.

Garing dan gurih di luar, lembut di dalam.

Jadilah roti ini menghasilkan tekstur yang garing dan gurih di luar, namun empuk, lembut, dengan sedikit manis di dalam. Aneka rasa dalam satu gigitan. Selain itu roti ini juga mengenyangkan sehingga pas untuk mengganjal perut. (YBI)

 

Foto ilustrasi: YouTube/FoodyTrip

Follow Instagram: @etalaseserpong