Mengurangi Gejala Anxiety Pada Anak Muda

54
Gejala anxiety tidak boleh diremehkan.

Apakah kamu termasuk milenials yang sering merasa khawatir dan cemas secara berlebihan? Bisa jadi kamu sebenarnya mengidap anxiety disorder.

Di era modern seperti ini gangguan tersebut sepertinya sudah menjadi hal yang umum. Hampir semua orang pernah mengalami anxiety ketika mengamali peristiwa buruk atau sedang dihadapkan dalam pilihan yang berpotensi mengubah hidup 180°. Jika tidak ditangani secepatnya bisa menyebabkan kemunculan penyakit mental yang lebih parah.

“Enaknya di era modern ini kan semua sudah serba digital. Mencari informasi tidak sesulit dulu. Aku sering banget mengalami yang namanya anxiety itu. Khawatir tidak bisa memberikan yang terbaik dan sering tidak percaya sama diri sendiri. Akhirnya aku cari-cari di situs terpercaya, ternyata aku mengalami gangguan tersebut dan memberanikan diri konsultasi ke psikolog.” Ujar Gladys selaku mahasiswi Universitas Multimedia Nusantara. Ia juga beranggapan bahwa anak muda tidak sepatutnya malu untuk membahas perihal ini kepada orang lain. Karena ternyata anxiety wajar terjadi terutama di usia 25-30 tahun. “Awalnya takut tapi sekarang sudah mulai berani bersuara. Aku sering sharing sama temanku soal ini karena penting sekali untuk diwaspadai anak muda.” Lanjutnya.

Dikutip dari  dari popsugar.com.au, ada banyak cara untuk menghilangkan anxiety termasuk kegiatan simpel. Memperhatikan kondisi tubuh juga menjadi salah satu cara ampuh. Kamu perlu lebih mencintai dirimu sendiri. Karena anxiety seringkali muncul karena banyaknya tekanan yang membuatmu merasa tidak cukup baik dan sempurna. Apa saja kegiatan simpel yang bisa bantu mengobati anxiety?

Mengecilkan Lingkaran Pertemanan

Semakin dewasa kamu sudah harus meninjau ulang lingkaran pertemanan di sekitarmu. Apakah mereka memberikan dampak positif dalam hidupmu? Atau malah membuatmu kehilangan kepercayaan diri?

Mengecilkan lingkaran pertemanan bukanlah hal yang buruk. Kamu wajib mementingkan dirimu sendiri. Jika sejak awal orang tersebut menjadi toxic dalam kehidupanmu, tidak ada gunanya untuk dipertahankan.

Perawatan Wajah

Cobalah untuk mulai merawat wajah secara rutin sebelum pergi tidur. Dimulai dari menggunakan toner wajah untuk membersihkan sisa makeup dan polusi. Lanjutkan dengan pemakaian serum atau minyak perawatan sambil memijat wajah menggunakan roller khusus. Pijatan kecil mampu membuat otot wajah menjadi relaks. Tidur pun semakin mudah dan tenang.

Olahraga

Coba untuk ritin olahraga setiap hari walaupun hanya beberapa menit. Dengan begitu otot-otot menjadi relaks dan tubuh semakin terasa nyaman. Kondisi mood akan meningkat pesat. Olahraga bisa memicu hormon serotonin yang berfungsi untuk mengatur tidur, nafsu makan dan perasaan dalam diri seseorang.

Diffuser

Kegunaan difusser sedang diperbincangkan oleh banyak orang. Memasang minyak esensial yang diuap menggunakan mesin khusus dipercaya sangat ampuh menghilangkan anxiety. Minyak esensial akan mengeluarkan uap aromaterapi yang bisa menenangkan pikiran. Tak berhenti di situ, minyak esensial ternyata bisa menyembuhkan beberapa penyakit fisik seperti demam dan asma.

Teh Chamomile

Ternyata meminum teh chamomile tidak hanya membantu meningkatkan kualitas tidur. The ini juga berfungsi menenangkan pikiran karena mengandung flavonoid. Kandungan ini mampu merangsang reseptor benzoadiazepine dalam otak yang akan membuatmu cepat mengantuk. Tak hanya itu, di dalam the chamomile juga terdapat kandungan glisin yang bisa meredakan otot sehingga tubuh menjadi lebih relaks.

Musik Alam

Saat ini banyak sekali aplikasi pengusir anxiety yang menghadirkan fitur musik alam. Dari mulai suara angin, gemericik air sampai kicauan burung yang merdu memenuhi daftar lagu di dalamnya. Secara tidak langsung kamu akan diajak untuk membayangkan keindahan alam dan tenangnya riak air sungai. Dijamin rasa cemas akan pergi!

 

Penulis: Maria Theresia

Cover: Pixabay.com/Fotorech

Follow Instagram @etalase Serpong