Menjaga Tanaman Tetap Segar di Musim Kemarau

29

Kemarau sudah masuk bulan kedua. Curah hujan semakin sedikit. Bahkan, dalam beberapa minggu ini tidak turun hujan sama sekali. Bagi pehobi tanaman, kondisi ini riskan membuat tanaman tak sesegar di musim hujan. Jika tak dirawat dengan baik, tanaman akan mengalami dehidrasi dan kering, serta layu.

Berikut beberapa tips yang bisa diikuti untuk mempertahankan tanaman Anda tetap segar dan terhindari dari kondisi layu, bahkan mati kekeringan.

Rajin disiram

Oleh karena menyusutnya cadangan air di tanah, tanaman Anda membutuhkan banyak asupan air. Berbeda dengan saat musim penghujan yang membuat tanah lebih lembab karena banyaknya cadangan air, pada musim kemarau, tanah cenderung kering karena air menguap dengan cepat.

Anda perlu menyisihkan waktu untuk menyirami tanaman minimal dua kali sehari. Dalam kondisi ekstra kering, tanaman Anda perlu disiram setiap hari. Anda bisa mengecek kondisi tanah untuk mengetahui kebutuhan penyiraman.

Perhatikan waktu menyiram

Waktu menyiram tanaman yang paling direkomendasikan, yaitu pada pagi dan sore hari. Menyiram tanaman pada siang hari akan membuat air menguap sia-sia sebelum berhasil diserap oleh tanaman. Kenali karakteristik tanaman Anda agar tidak terjadi kekurangan air atau justru overwatered.

Hindari paparan sinar matahari langsung

Beberapa tanaman tak membutuhkan sinar matahari langsung. Ada yang tetap bisa hidup walau hanya mendapatkan sinar matahari dari balik jendela atau dari pantulan. Pada musim kemarau, kondisi panas memang lebih terik. Oleh karena itu, Anda bisa memindahkan pot-pot tanaman ke area yang memiliki atap, misalnya di bawah kanopi atau Anda membuatkan atap khusus untuk tanaman.

Anda bisa memindahkan tanaman untuk terkena sinar matahari pada pagi dan sore hari. Sementara itu, menjelang siang hari, pindahkan ke area yang lebih sejuk.

Buat penyimpanan air

Pada musim kemarau, curah hujan akan sangat sedikit. Oleh karena itu, Anda perlu menyiasatinya dengan menampung air. Sediakan wadah untuk tadah hujan untuk menampung air yang bisa Anda gunakan untuk menyiram tanaman. Anda juga bisa memanfaatkan air kondensasi AC untuk menyiram tanaman. Selain itu, bunga es dari freezer kulkas juga bisa dijadikan alternatif ketika cadangan air di rumah menipis, Anda tetap bisa menyiram tanaman tanpa menggunakan stok air utama.

Penulis: Krista Rai

Foto: Freepik

Follow Instagram @etalaseserpong