Mulai Bersyukur dari Hal Paling Sederhana

25
Bersyukur dengan segala hal dalam hidup.

Sudah bukan rahasia lagi jika manusia umumnya selalu merasa kurang. Entah kekurangan dalam hal ekonomi, atau kekurangan kasih sayang si doi. Eh! Becanda hehehe… Manusia memang dituntut untuk mencapai kesuksesan dalam hidupnya. Dengan melihat standar keberhasilan orang lain, seseorang memang kerap terpuruk dan merasa dirinya gagal jika hidupnya tak seperti orang yang menjadi panutan karena dianggap “berhasil”.

Seperti yang dikutip dari forbes.com, kita mudah sekali melupakan pencapaian dalam hidup hanya karena melihat milik orang lain. Sebaiknya kamu mulai mengapresiasi pencapaian diri sendiri baik dalam bidang karier atau kehidupan sosial. berikut cara-cara sederhana untuk bersyukur, yuk belajar sama-sama!

Jangan lupa terima kasih

Salah satu cara untuk bersyukur adalah dengan mengatakan terima kasih. Bukan hanya ketika dibantu atau diberikan sesuatu oleh orang lain, tetapi juga berterima kasih kepada diri sendiri. Dirimu berhak diapresiasi karena mampu melewati setiap rintangan hidup apalagi ketika berhasil mencapai sebuah prestasi. Yuk, mulai sempatkan waktu untuk me-time atau sekadar memberikan kado untuk diri sendiri.

Fokus pada apa yang dimiliki saat ini

Baru beli handphone baru, eh lihat teman juga beli yang jauh lebih canggih. Akhirnya merasa iri hati dan sedih. Stop! Fokus lah dengan apa yang kamu miliki saat ini karena membayangkan apa yang tidak kamu miliki bisa membuatmu depresi. Membanding-bandingkan apa yang kita punya dengan milik orang lain merupakan tanda bahwa kamu belum bisa menerapkan rasa bersyukur sehari-hari.

Semua harus disyukuri tanpa pilih

Kebiasaan bersyukur bisa dimulai dari menghargai segala hal dalam hidup tanpa berpikir ada yang kurang atau terlalu kecil untuk disyukuri. Semua yang terjadi dalam hidup memiliki makna tersendiri dan tentunya demi kebaikan dirimu. Bahkan musibah sekalipun ada untuk membuat seseorang belajar mendewasakan diri.

Temukan hal positif dalam musibah

Hindari kebiasaan selalu merasa terpuruk ketika sedang menghadapi sebuah musibah. Yang harus kamu syukuri bukan hanya pengalaman positif tetapi juga pengalaman negatif dalam hidup. Percayalah berkat semua rintangan dan kerikil kehidupan, kamu menjadi pribadi yang lebih kuat dan waspada terhadap berbagai situasi.

 

Penulis: Maria Theresia

Foto ilustrasi: Pixabay.com/Pexels

Follow Instagram @etalaseserpong