Mulai Bisnis Tanpa Modal, Emang Bisa?

38
Jangan takut memulai bisnis di zaman modern.

Sobat Merah Putih, di zaman modern yang serba digital ini memulai bisnis bisa dari mana saja, kapan pun, bahkan tanpa modal. Karena saat ini masyarakat mulai mengenal strategi bisnis open order dan reseller dimana pengusaha tidak perlu mengeluarkan uang modal sepeser pun. Namun, kamu juga perlu mengetahui bisnis apa saja yang cocok dengan kepribadianmu agar tidak kandas di tengah jalan seperti cinta si doi hehehe…

“Wah kalau ngomongin bisnis zaman sekarang sih beragam ya. Enggak bisa terpatok pada satu saja seperti zaman dulu. Kalau dulu kan sepertinya hidup seseorang sudah ada garisnya tuh, lahir, sekolah, lulus, cari kerja, kumpulin modal untuk membuka perusahaan yang mainstream. Kalau sekarang ya semua bisa di-uangkan lah istilahnya,” ujar Nanda selaku warga Gading Serpong.

Mengutip dari smallbiztrends.com,  tidak sulit memulai bisnis tanpa modal. Yang diperlukan hanyalah strategi promosi yang paling tepat dan kesabaran. Memulai bisnis tanpa modal bahkan bisa menghasilkan keuntungan berkali-kali lipat daripada bisnis jadul. Ini dia sederet usaha yang bisa kamu sontek dan pastinya aman di kantung pemula.

Membangun tim graphic designer

Wah saat ini bisnis graphic designer sedang meningkat pesat. Mengingat semua platform usaha memerlukan design khusus sebagai identitas produknya sendiri. Tak heran pengusaha mau mengeluarkan uang banyak demi design look produk agar terlihat eye catching dan menarik banyak peminat. Kamu bisa memulai bisnis graphic designer dengan mengumpulkan teman-teman sesama designer untuk membangun agensi bersama.

Jastip alias jasa titip

Buat kamu yang doyan jalan-jalan keluar negeri pasti suka juga dong shopping sana sini. Kata orang shopping itu boros dan merugikan, padahal  hobi shopping bisa disulap menjadi bisnis yang menguntungkan! Kamu bisa memulainya dengan open jastip alias jasa titip bagi mereka yang ingin membeli produk luar negeri tanpa harus terbang ke negaranya langsung.

Sistem pre-order

Mau buka bisnis makanan tapi enggak punya modal? Coba lah dengan strategi open order. Calon pelanggan akan membayar DP atau langsung lunas untuk kemudian digunakan sebagai modal usaha.

Menjual barang bekas

Nah ini dia bisnis yang sedang menjamur di kalangan anak muda. Kini menggunakan baju bekas bukan lagi dianggap sebagai hal  yang tabu lho. Bahkan kamu bisa menemukan harta karun barang branded dengan harga yang super miring! Tak heran bisnis thrift shop melambung pesar di pasaran.

 

Penulis: Maria Theresia

Foto ilustrasi: Pixabay.com/fancycrave1

Follow Instagram @etalaseserpong