Mumpung Single Sebaiknya Gercep Mencari Cuan

33
Belajar mengatur uang sejak muda.

Menikmati masa muda dan single tidak hanya diisi dengan nongkrong bersama teman saja. Sebaiknya kamu mulai menimbun cuan sejak dini. Mulai bekerja sambil menempuh pendidikan bukan lagi menjadi hal yang aneh di zaman modern ini. Pada akhirnya kamu bisa bersantai tanpa perlu mengkhawatirkan keuangan di masa tua nanti.

Mengutip dari minutes.co, banyak anak muda yang menghamburkan uang serta waktu untuk sesuatu yang tidak berguna. Padahal di usia ini justru kamu harus memperbanyak jaringan serta pengalaman kerja. Tidak selamanya orangtua yang memberikan uang saku serta fasilitas yang kamu butuhkan untuk menyambung hidup. Ini dia hal-hal yang perlu kamu perhatikan sebelum menginjak usia 30!

Memiliki dua pekerjaan atau lebih

Masih usia muda dan belum berkeluarga. Gunakan kesempatan ini untuk memiliki pekerjaan lebih dari satu. Energi yang masih banyak serta rasa ingin tahu yang masih besar bisa membuat dirimu mahir di dua bidang sekaligus. Selain pengalaman kerja yang didapatkan dari dua tempat, kamu juga bisa menyisihkan banyak uang untuk tabungan masa depan.

Investasi dulu baru belanja kebutuhan sekunder

Jangan terburu-buru untuk belanja ketika sudah memiliki penghasilan tinggi. Biasanya anak muda tergiur dengan godaan membeli rumah atau mobil mewah. Sebaiknya sisihkan uang untuk investasi di berbagai perusahaan. Investasi memungkinkan kamu untuk memiliki passive income dengan nilai tinggi. Beli rumah dan kendaraan pribadi akan lebih mudah ketika kamu sudah memiliki passive income.

Menciptakan lapangan pekerjaan sendiri

Bangun kerajaan bisnis sendiri sejak usia muda? Siapa takut! Ada berbagai kategori bisnis yang tak pernah lekang oleh waktu seperti makanan, pakaian, dan properti. Bisnis akan berjalan lancar ketika kamu kuat menghadapi berbagai masalah dan terus fokus menggapai tujuan. Memiliki bisnis sendiri juga memungkinkan kamu untuk memberikan lapangan pekerjaan kepada orang lain.

Sisihkan uang untuk dana darurat

Active income dan passive income sudah berjalan lancar? Kini saatnya menabung sisa uang untuk dinikmati di masa tua. Meskipun uang tetap mengalir, bukan berarti kamu boleh berfoya-foya begitu saja. Yang namanya uang bisa hilang dalam waktu sekejap. Sebaiknya kamu tetap menabung untuk berjaga-jaga.

 

Penulis: Maria Theresia

Foto ilustrasi: Unsplash.com/Fabian Blank

Follow Instagram @etalaseserpong