Ormas Expo 2021, Mendagri: Ormas di Indonesia Mampu Berkontribusi dalam Pembangunan Nasional

75
Ormas Expo 2021.

Senin, 23 Agustus 2021, Kementerian Dalam Negeri menggelar Ormas Expo 2021 bertema “Peran Organisasi Masyarakat dalam Pemulihan Ekonomi Nasional dan Penanganan Pandemi Covid-19” melalui Zoom. Ormas Expo sendiri merupakan acara penganugerahan bagi Organisasi Kemasyarakatan dan NGO (Non-Governmental Organization) guna mengajak masyarakat untuk turut berpartisipasi dalam pembangunan negara. Ormas atau NGO yang berpartisipasi pun memiliki peran aktif dalam memulihkan sektor ekonomi Indonesia selama pandemi.

Ormas Expo merupakan acara virtual pertama yang diadakan oleh Mendagri guna mengajak masyarakat berkontribusi untuk pembangunan negara.

“Dalam sistem negara demokrasi, pemerintah bukan satu satunya pemain dominan dalam pelaksanaan pembangunan dan jalanya sistem pemerintahan. sejatinya kekuasaan ada di tangan rakyat, olehnya ada hak bagi warga negara untuk berserikat dan berkumpul. salah satunya pemerintah memberikan ruang untuk mengakomodasi organisasi yang ada di masyarakat. di harapkan banyaknya ormas yang ada dapat mendukung dan bekerja sama dengan pemerintah dalam tujuan pembangunan nasional,” ujar Mendgari.

Beliau juga beranggapan bahwa pandemi mengakibatkan krisis di berbagai sektor seperti ekonomi dan infrastruktur yang akhirnya berdampak pada kehidupan sosial serta keamanan sebuah negara. Besar harapan agar seluruh ormas dan masyarakat bekerja sama dan berpartisipasi dalam menghadapi situasi sulit ini. “Kita bisa berhasil merdeka dengan cara bergandengan tangan pemerintah dan non pemerintah serta seluruh elemen bangsa,” lanjut Mendagri.

Valent Hartadi selaku Chairman ORRI turut menghadiri Ormas Expo 2021.

Pembukaan Ormas Expo 2021 yang diadakan di Gedung Sasana Bhakti Praja diikuti oleh 22 Organisasi Masyarakat salah satunya adalah Organisasi RT&RW Indonesia (ORRI). “ORRI sangat senang diberi kesempatan mengikuti Ormas Expo ini. Diharapkan acara ini dapat makin mempersatukan ormas-ormas di seluruh Indonesia, sehingga bisa membentuk sinergi untuk membantu dan memberi masukan konstruktif bagi program-program pemerintah, khususnya Kemendagri,” ujar Valent Hartadi selaku Chairman ORRI.

Bahtiar selaku Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri mengatakan kegiatan ini merupakan bentuk inovasi pertemuan di tengah pandemi Covid-19 guna mewujudkan social distancing. Ia juga mengatakan bahwa Ormas perlu melakukan rebranding dan pembaharuan dalam  tata kelola organisasi dengan memanfaatkan teknologi informasi. Apalagi di tengah krisis pandemi, Ormas di Indonesia perlu melakukan adaptasi mengingat begitu banyaknya perubahan dalam aktivitas mengikuti protokol kesehatan yang berlaku.

Saat ini terhitung ada kurang lebih 500.000 organisasi baik yang terdaftar secara resmi mau pun tidak yang menjadi pondasi utama dalam mengupayakan pembangunan negara. Ada pun Ormas Expo akan memfasilitasi Ormas yang telah berkontribusi nyata secara sukarela. Ormas Expo yang digelar secara virtual pertama kali ini juga diharapkan menjadi motivasi bagi masyarakat dan berbagai Ormas untuk terus berjuang bersama melewati krisis pandemi.

 

Penulis: Maria Theresia

Foto Ilustrasi: dok. pribadi

Follow Instagram: @etalaseserpong