Pensiun Tetap Bisa Bekerja Lho!

25
Usia tidak menjadi penghalang dalam mencari uang.

Siapa bilang para pensiunan tidak lagi bisa bekerja? Ada begitu banyak jenis pekerjaan yang bisa dilakukan. Atau profesi tambahan sebagai pengisi hari-hari, sekaligus mendatangkan pundi-pundi yang menguntungkan.

Asal perhatikan waktu dan tenaga yang dibutuhkan. Sebab banyak pensiunan tergolong berumur banyak. Belum tentu stamina seperti masa bekerja dulu. Mungkin ada penyakit yang mulai menggerogoti atau keinginan menjalani pekerjaan yang tidak banyak menyita energi. Alias kapan saja bisa ditinggalkan sejenak dan menghabiskan waktu dengan agenda lainnya.

Sama halnya dengan mempertimbangkan faktor modal. Pesangon pensiun dan tabungan yang telah dipersiapkan jauh-jauh hari bisa menjadi pintu pertama dimulainya usaha. Namun tentu risiko untung rugi tidak boleh dikesampingkan. Salah perhitungan justru dapat mendatangkan celaka. Masa pensiun yang harusnya terjamin dari segi finansial, malah terancam dengan hilangnya modal begitu saja. Apalagi bila ada keinginan tetap mandiri dan tak tergantung pada anggota keluarga.

Investasi

Salah satu yang bisa dilakukan adalah menjadi pelaku investasi. Ada pilihannya, antara lain trading saham, trading emas, dan trading forex. Tinggal menyetorkan sejumlah nominal dan terikat perjanjian, jalannya investasi bisa diawasi lewat surat elektronik. Laba keuntungan dapat diterima per bulan, per tahun, atau sesuai aturan. Tak perlu kemana-mana, akan tetapi uang rutin mengalir ke rekening.

Jualan online

Jualan online yang sedang nge-tren sekarang juga opsi yang menarik.

Tak harus langsung sebagai produsen, sebagai perantara (reseller) pun bisa. Modal bisa ditekan dan paling penting tak perlu mengeluarkan banyak tenaga.

Sambil bersantai di rumah, transaksi bisa terus dilakukan.

Kuliner 

Atau membuka usaha kuliner. Contohnya masakan rumahan yang dijajakan secara daring, membuka restoran, kafe, dan sebagainya. Dapat pula sebagai penyuplai untuk pengusaha kuliner yang lain. Jadi membuat masakan cukup berdasar pesanan. Untuk pengiriman tinggal menghubungi jasa kurir.

Konsultan 

Para pensiunan juga bisa tetap eksis seperti pekerjaan yang sebelumnya. Contohnya dengan menjadi konsultan. Terlebih kecanggihan teknologi amat memfasilitasi. Pertemuan tidak harus bertatap muka, tapi bisa dilakukan via surat elektronik. Menyebarkan pengetahuan akan keahlian dalam tulisan yang lantas dimuat di blog juga akan menjadi pilihan yang tepat. Sehingga pensiun tak menghalangi untuk terus berkontribusi.

Usaha properti

Lalu ada usaha properti. Berupa kos-kosan, jual beli tanah dan bangunan, sewa ruko untuk tempat usaha, menyewakan rumah, misalnya.

Khususnya bila ada modal yang cukup besar untuk mewujudkan dan letaknya dekat dengan tempat-tempat strategis. Di sisi lain, ketika properti dirawat dengan baik, tidak akan banyak membutuhkan tenaga mengurusnya.

Ibaratnya, tinggal menunggui saja, uang datang sendiri.

Agrobisnis dan peternakan

Umumnya para pensiunan ingin menghabiskan di tempat yang tenang. Maka, ambil saja profesi di bidang agrobisnis dan peternakan. Terlebih bila punya hobi yang sama sebelumnya. Ambil lokasi yang sekiranya tidak akan mengganggu pemukiman. Dari beternak ayam, burung-burung cantik, tanaman hias, berkebun buah, dan kolam ikan. Tak harus berskala besar. tapi juga tak salah mengambil beberapa tenaga untuk membantu. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Pixabay.com/congerdesign

Follow Instagram @etalaseserpong