Pentingnya Cinta Diri Sendiri Sebelum Mencintai Orang Lain

71
Prioritaskan self love sebelum mencintai orang lain.

Sudah dikasih tahu berkali-kali untuk cinta sama diri sendiri sebelum menjalin hubungan asmara tapi kamu tetap saja ngeyel dan enggak percaya. Sekarang malah galau karena cintamu ternyata bertepuk sebelah tangan. Yang namanya cinta memang selalu bikin pusing tujuh keliling deh. Hayo siapa di sini yang langsung lupa dunia kalau sudah bucin dengan seseorang? 

Mengutip dari psychologytoday.com, kamu hanya akan merasakan penderitaan jika mencintai orang lain tanpa “bekal cinta” untuk diri sendiri. Mengedepankan self-love bukan berarti egois kok. Kamu perlu mengenal dan menerima apa yang ada di dalam diri sendiri sebelum membiarkan orang lain masuk ke dalam hidupmu. 

Kalau kata orangtua zaman dahulu sih cinta itu sudah satu paket dengan rasa kecewa dan patah hati. Tetapi, jika kamu mencintai diri sendiri terlebih dahulu, kesadaran bahwa tidak ada satu orang pun yang berhak menyakitimu akan membantumu menghindari hal-hal yang berisiko bikin patah hati di masa depan.

Percaya diri

Self-love akan membuat rasa percaya diri semakin meningkat. Kepercayaan diri sangat dibutuhkan sebagai tameng sekaligus cermin dalam menjalin hubungan asmara dengan orang lain. Jika kamu tidak cinta pada dirimu sendiri, bagaimana orang lain bisa menghargai kamu seutuhnya? Cara orang lain memperlakukan kamu ditentukan oleh bagaimana kamu memperlakukan diri sendiri.

Jarang mengalami stres

Kamu akan selalu merasa cukup dan patut diperlakukan secara layak oleh pasangan jika terbiasa untuk self-love. Mencintai diri sendiri juga akan memberikan kesadaran bahwa kamu tidak bisa menggantungkan kebahagiaan kepada orang lain karena bahagia itu diciptakan oleh diri sendiri. Secara tidak langsung, kamu tidak akan menaruh ekspektasi yang terlalu tinggi kepada pasangan.

Produktif

Mencintai diri sendiri akan membuatmu menyerap berbagai energi positif di sekelilingmu. Kamu juga akan melihat hal-hal yang negatif sebagai sebuah challenge isapan jempol untuk meningkatkan kualitas hidup. Energi positif akan membuat hidupmu semakin bahagia dan semangat untuk bekerja secara optimal.

 

Penulis: Maria Theresia

Foto ilustrasi: Pixabay/ Free-Photos

Follow instagram: @etalaseserpong