Pentingnya Support Keluarga Saat Memulai Bisnis dari Nol

48
Support dari keluarga sangat penting bagi anak yang memulai bisnis dari nol.

Umumnya orangtua menginginkan anaknya untuk menjadi pekerja kantoran dan merintis karier hingga mencapai posisi tertinggi. Tak jarang juga orangtua yang mendesak anaknya untuk menjadi PNS. Biasanya para anak yang memilih untuk  berbisnis justru ditentang habis-habisan. Padahal dukungan keluarga merupakan modal utama kesuksesan anak dalam berbisnis. Apalagi bagi mereka yang memulainya dari nol tanpa bantuan siapa pun.

Mengutip dari effectuation.org, dukungan sosial dan perasaan dicintai oleh keluarga merupakan dua hal yang paling dibutuhkan oleh anak ketika memilih jalan hidupnya sendiri. Memulai bisnis bukan lah hal yang mudah. Akan ada berjuta kegagalan yang dihadapi anak ketika baru memulai usaha. Kepada siapa dia akan meminta dukungan jika bukan kepada keluarganya sendiri?

Bertanggung jawab

Keluarga merupakan sekolah pertama bagi anak. Didikan orangtua akan membentuk anak menjadi pribadi yang dewasa dan bertanggung jawab. Didiklah anak tidak hanya untuk menjadi pekerja yang baik tetapi juga pemimpin yang baik jika pada akhirnya memilih untuk membangun usahanya sendiri. 

Modal percaya diri

Anak tidak membutuhkan dukungan orang lain untuk merasa percaya diri dalam memulai bisnis. Hanya dukungan keluarga yang dampaknya sangat dahsyat bagi rasa percaya diri anak. Daripada menentang tak keruan, alangkah lebih baik jika keluarga mendukung dan membimbing anak agar sukses membangun sebuah kerajaan bisnis.

Tempat cerita

Keluarga menjadi tempat cerita bagi anak ketika menghadapi segala permasalahan hidup. Ikatan batin antara orangtua dan anak lah yang hanya bisa menyembuhkan rasa sakit ketika anak menghadapi kegagalan. 

Lebih berani mengambil risiko

Anak yang didukung keluarganya ketika memulai bisnis dari nol lebih berani membuat keputusan dan mengambil risiko di setiap situasi. Pada dasarnya ketika memutuskan untuk terjun ke dunia bisnis, kamu juga harus siap menaiki roller coaster dinamika bisnis. Anak yang ditentang oleh keluarga akan menjadi bos yang terlalu berhati-hati sehingga bisnisnya tidak akan pernah maju.

 

Penulis: Maria Theresia

Foto ilustrasi: Pixabay/ jarmoluk

Follow instagram: @etalaseserpong