Penyebab Kutu Kasur Merajalela!

101
Kutu kasur berbahaya jika dibiarkan.

Yakin kasur di rumahmu sudah bersih? Meskipun kamu selalu menjaga kebersihan kamar, hama seperti kutu tetap bisa bersarang di sana. Apalagi kasur merupakan salah satu alat rumah tangga yang jarang dicuci. Cepat berkembang biak dan mampu bertahan dalam berbagai kondisi, kutu kasur bisa menjadi masalah besar jika dibiarkan begitu saja Selain mengganggu kualitas tidur, kutu kasur juga bisa menyebabkan berbagai penyakit kulit seperti iritasi, kemerahan, dan selulitis. 

“Memang cukup sulit sih menyadari ada kutu kasur atau tidak di dalam tempat tidur. Apalagi kasur termasuk salah satu komponen rumah tangga yang jarang dibersihkan karena berukuran besar dan bobotnya cukup berat,” ujar Nita selaku warga Gading Serpong.

Mengutip dari healthline.com, kutu kasur hanya berukuran kurang lebih 5 milimeter sehingga memungkinkannya untuk hidup di dalam habitat yang sempit seperti rongga kasur. Kutu kasur bisa disebabkan oleh kurangnya kebersihan rumah atau terbawa dari luar dengan cara menempel pada baju. Kemunculan kutu kasur bisa ditandai dengan kulit kemerahan dengan sensasi gatal atau ditemukan bercak-bercak berwarna coklat di sekitar permukaan kasur.

Jarang mengganti sprei

Sprei kasur harus dicuci secara rutin untuk menghindari berbagai penyakit yang ditimbulkan oleh kutu kasur. Percuma saja jika kamu sering membersihkan kamar dan tubuh sebelum tidur tapi jarang sekali mengganti sprei. Kasur terbuat dari serat kapuk yang mudah menyerap berbagai partikel kotoran. Kutu kasur sangat senang bersarang di dalam kasur yang kotor dan lembap.

Malas menjemur kasur

Selain mengganti sprei secara berkala, kamu juga wajib menjemur kasur minimal sebulan sekali. Kutu kasur dan telurnya tidak tahan terhadap suhu panas akibat paparan sinar matahari. Jika kamu tidak sempat untuk membersihkan kasur, cara ini cukup mudah untuk dilakukan karena tidak memerlukan banyak waktu dan tenaga.

Tidak langsung ganti pakaian

Nah ini dia yang sering dilakukan hampir semua orang. Setelah berpergian dari luar, ketika sampai di rumah rasanya mager banget untuk langsung membersihkan diri. Alhasil langsung terjun bebas ke kasur tanpa bebersih terlebih dahulu. Hati-hati, telur kutu kasur dari luar rumah bisa terbawa dengan cara menempel di pakaian yang kamu kenakan.

 

Penulis: Maria Theresia

Foto ilustrasi: Pixabay/ @JerzyGorecki

Follow instagram: @etalaseserpong