Pertanda Kamu Kurang Memanfaatkan Waktu Istirahat

44
Tubuh membutuhkan waktu ideal untuk istirahat.

Setiap orang membutuhkan waktu tidur untuk mengisi kembali energi yang hilang setelah seharian beraktivitas selama kurang lebih 7 sampai 8 jam per hari. Tetapi biasanya nih, setelah pulang kantor sampai rumah malah kembali buka laptop untuk mengejar deadline atau main media sosial semalam suntuk. Akibat kebiasaan buruk ini, tubuh merasakan pegal linu dan berbagai penyakit pun mulai bermunculan.

Mengutip dari sleepfoundation.org, ternyata tubuh yang kekurangan jatah istirahat tidak hanya ditunjukkan dengan penyakit saja. Kebutuhan tubuh untuk beristirahat pun bukan hanya sekadar tidur melainkan resfreshing dengan pergi liburan atau menyalurkan hobi. Kamu wajib merecharge kembali baik itu energi fisik mau pun energi psikis yang telah habis terkuras. Apa saja ya pertanda tubuh kurang istirahat?

Mudah lupa alias pikun!

Tidur tidak hanya berfungsi untuk mengembalikan energi yang telah hilang tetapi juga menjaga kekuatan memori di dalam otak. Kemampuan kognitif dalam berpikir dan menyimpan memori jangka panjang dipengaruhi oleh kualitas tidur. Hal ini tentunya akan memengaruhi proses belajar dan bekerja.

Sensian melulu

Tanpa disadari, kekurangan waktu tidur akan memengaruhi kondisi emosional seseorang. Sebenarnya tubuh akan merasa tidak nyaman ketika tidak beristirahat secara maksimal. Namun, kegiatan sehari-hari tidak bisa ditunda. Akibatnya kamu jadi mudah sensian deh kepada teman atau kolega kantor walaupun hanya diajak becanda.

Malas bersosialisasi

Selain sensian, tubuh yang terasa tidak nyaman juga akan membuat dirimu malasa bersosialisasi. Kurang waktu istirahat bisa bikin kamu jadi orang yang ansos alias anti sosial!. Tentu saja berinteraksi dengan orang lain membutuhkan energy penuh serta suasana hati yang bagus bukan?.

Berat badan naik turun secara drastis

Biasanya nih orang tidak menyadari penyebab susah sekali memiliki berat badan di angka ideal. Setiap hari sudah konsumsi makanan sehat dan bergizi. Berbagai jenis cardio dan workout pun sudah dijajal. Kurang apalagi sih? Itu tandanya kamu membutuhkan waktu istirahat lebih lama. Yuk mulai perhatikan jam tidur yang baik.

 

Penulis: Maria Theresia

Foto ilustrasi: Pixabay/ Free-Photos

Follow instagram: @etalaseserpong