Pertanda Kamu Membutuhkan Bantuan Psikolog

102
Jangan malu meminta bantuan psikolog.

Bagi orang Indonesia, meminta bantuan psikolog atau psikiater dalam menyembuhkan “sakit mental” masih merupakan hal yang tabu. Sentimen publik terhadap kata “orang gila” dan “depresi” membuat keduanya seolah saling terkait. Padahal orang tanpa riwayat penyakit jiwa pun terkadang membutuhkan psikolog ketika jiwanya merasa “lelah” akibat aktivitas sehari-hari

“Sayangnya di Indonesia tuhmasih dianggap buruk ya untuk konsultasi ke psikolog.Lahuntuk apa dong ada kuliah jurusan psikologi? Pekerjaan sebagai psikolog dan psikiater kalau bukan untuk membantu masyarakat menangani mental illness? Meminta bantuan psikolog kan bukan berarti kita harus masuk rumah sakit jiwa. Terkadang kita membutuhkan psikolog hanya untuk sekadar curhat saja kok,” ujar Yovan selaku warga Gading Serpong.

Seperti yang dikutip dari beaumontpsychiatric.com, gangguan kesehatan mental itu nyata dan sebenarnya bisa disembuhkan jika kamu tidak terlambat mencari bantuan profesional. Umumnya “sakit mental” bisa menyerang siapa saja karena biasa disebabkan oleh kehidupan sosial seseorang. Psikolog dan psikiater akan membantumu melalui masalah hidup dengan atau tanpa bantuan obat sesuai dosis yang tepat. Masih ragu untuk pergi ke psikolog?

Halusinasi

Halusinasi merupakan gangguan persepsi ketika seseorang merasakan, melihat, mendengar, mencium sesuatu yang hanya terjadi di ruang imajinasi dan tidak ada di dunia nyata. Sehingga hanya dia saja yang merasakan, tetapi orang-orang di sekitarnya tidak merasakan hal yang sama. Orang yang telah lama mengalami depresi seringkali mengalami halusinasi. Karena sudah lama merasakan pahit, mereka menciptakan ruang imajinasi kehidupan yang selama ini diinginkan.

Membutuhkan bantuan alkohol

Minum minuman mengandung alkhohol boleh-boleh saja dilakukan sesekali jika tidak melebihi takaran normal. Tetapi jika kamu mengkonsumsi minuman beralkohol hampir setiap hari untuk menenangkan diri atau membantu tidur, sebaiknya cepat-cepat mencari bantuan profesional. Minuman beralkohol tidak akan menyelesaikan masalah hidup melainkan menambah masalah baru yaitu timbulnya berbagai penyakit di dalam tubuh.

Hidup tidak ada artinya

Sejatinya orang yang sehat secara fisik dan mental akan selalu bersemangat dalam menjalani hidup. Meskipun tujuannya belum pasti, mereka akan melakukan yang terbaik untuk mengisi hari-hari. Seseorang yang mengalami gangguan mental akan selalu membandingkan hidupnya dengan orang lain dan merasa dirinya paling buruk.

Tidak ada motivasi

Tidak sulit kok mengindikasi gejala awal gangguan kesehatan mental. Setiap bangun tidur bukannya merasa segar tetapi merasa lelah dan tidak tahu harus berbuat apa sudah bisa menjadi gejala awal. Rasanya kamu tidak memiliki motivasi untuk meningkatkan kualitas hidup. Jangan malu untuk “curhat” kepada psikolog agar tidak terlambat menyembuhkan gangguan mental.

 

Penulis: Maria Theresia

Foto ilustrasi: Pixabay/ vdnhieu

Follow Instagram: @etalaseserpong