Pikirkan Hal Ini Sebelum Membeli Rumah Berhantu

31
Rumah berhantu bisa jadi merupakan investasi menguntungkan.

Membeli rumah berhantu memang bisa menguntungkan, karena biasanya dijual dengan harga di bawah harga pasar. Namun ada banyak pertimbangan yang harus dipikirkan dengan seksama. Agar tetap mendapat yang terbaik, tapi juga tak rugi akibat isu seram yang terus menghantui.

Di samping tentu supaya tidak rugi secara materi. Bagaimanapun untuk mendapat sebuah hunian, sekian rupiah mesti digelontorkan. Belum lagi biaya perbaikan, atau penambahan berbagai instalasi. Jangan sampai sudah membeli rumah yang terkenal berhantu, namun pada akhirnya tidak ditinggali. Lantas buat apa dibeli? Sayang sekali kan?

Oleh karenanya, pertimbangan masak-masak jadi membeli atau tidak. Rumah berhantu tetap layak dihuni. Asal memang memenuhi unsur keamanan, kesehatan, dan keselamatan. Selanjutnya tinggal memikirkan bagaimana supaya isu hantu yang bernuansa mistik tidak terus mengganggu.

Siap mental

Terkadang rumah berhantu sudah menjadi pilihan. Berarti Anda tinggal menyiapkan mental saja. Siap atau tidak jika sekiranya nanti tinggal di sana. Begitu pula dengan anggota keluarga. Kesiapan mental harus dimiliki oleh semua calon penghuni.

Jadi menginjakkan kaki di rumah dibarengi dengan perasaan yang bahagia. Bukan terus was-was oleh kabar hantu yang mungkin belum tentu benar adanya.

Isu atau kenyataan

Telisik lebih dalam bagaimana rumah yang akan dibeli bisa mendapat label berhantu. Mungkin ada kaitan dengan kejadian di masa lalu. Tragedi yang pada akhirnya menyisakan bayangan hantu oleh orang-orang di sekitar. Atau kesan hantu malah Anda dapat langsung dari pemilik rumah sendiri.

Sebab adakalanya orang lain bisa saja percaya memang rumah tersebut berhantu. Namun tidak bagi Anda. Jadi jangan langsung percaya isu. Kecuali jika memang kejadian terdahulu belum terselesaikan hingga sekarang. Apalagi telah menyentuh hukum pidana. Sangat layak menimbang ulang sebelum membeli rumah tersebut.

Kenapa tidak jika memang nyaman

Kenapa tidak jika memang nyaman. Rumah berhantu tetap layak ditinggali dan dihuni sepanjang Anda dan anggota keluarga merasa baik-baik saja. Toh bisa saja kan, kesan berhantu muncul karena tidak ada perawatan pada rumah selama ini. Sedang dengan memberikan sedikit sentuhan perbaikan, kesan seram dapat menghilang dengan sendirinya.

Letaknya menguntungkan

Letaknya yang menguntungkan dapat menjadi pertimbangan. Hingga membuat Anda sangat perlu untuk mengabaikan saja isu hantu. Misalnya karena dekat dengan aneka fasilitas penting, dekat kantor, dan mudah dijangkau berbagai transportasi.

Harganya murah

Umumnya rumah berhantu ditawarkan dengan harga yang cukup murah. Lebih murah 10 persen hingga 25 persen dari harga yang berlaku di pasaran. Sehubungan dengan harapan supaya rumah cepat terjual. Menguntungkan kan dari sisi ekonomi. Namun kembali lagi, dan jangan terburu-buru. Pikirkan lagi mengenai biaya perawatan, pengurusan administrasi, kejelasan surat legal, dan sebagainya.

Harja jual kelak mudah turun 

Dan sebelum membeli rumah berhantu, coba bayangkan jauh ke depan. Andai kelak memang Anda tidak betah lalu memutuskan untuk menjual kembali, biasanya harga belum tentu sesuai harapan. Harga cenderung jatuh atau lebih rendah dari harga beli. Juga semakin menguatkan bahwa hantu memang benar-benar ada. Hingga membuat Anda memutuskan segera hengkang. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Pixabay.com/darksouls1

Follow Instagram @etalaseserpong