Potensi Bisnis dengan Modal Minim

328

Anda yang belum pernah terjun ke dunia bisnis mungkin berpikir tentang modal yang dibutuhkan. Terbayang modal puluhan hingga ratusan juta untuk memulai sebuah bisnis baru. Padahal, tidak semengerikan itu, lho! Ada beberapa jenis bisnis yang hanya memerlukan modal minim, tetapi penghasilannya cukup untuk menambah pundi-pundi Anda.

Les privat

Kebutuhan anak sekolah untuk belajar di luar jam sekolah masihlah tinggi. Nah, kenapa Anda tidak memanfaatkan kepintaran Anda untuk dibagikan kepada orang lain? Jenis les yang paling populer, yaitu les musik, serta mata pelajaran matematika dan bahasa Inggris.

Ada juga les privat lainnya yang bisa Anda geluti, misalnya menjadi trainer privat yoga. Bisnis ini nyaris tanpa modal karena mengandalkan skill Anda sendiri. Jika Anda berniat membuka les privat di rumah, mungkin Anda memerlukan sedikit modal untuk membeli peralatan penunjang.

Kue kering dan cake

Hobi memasak? Manfaatkanlah untuk mencari tambahan penghasilan! Ada momen-momen orang membutuhkan cake dan kue kering, misalnya ulang tahun atau hari raya. Anda bisa mulai dari menawarkannya ke lingkungan terdekat, misalnya rekan kerja di kantor.

Modal untuk membuka bisnis kue tak terlalu besar apalagi jika Anda sejak awal sudah memiliki hobi ini. Itu berarti Anda sudah punya peralatannya! Tinggal mempersiapkan hal lainnya, seperti menyediakan kemasan dan logo bisnis.

Makanan berat

Semua orang butuh makanan. Apalagi, di era pengantaran online menggunakan jasa ojek online semakin awam, membuka bisnis makanan semakin mudah. Anda tak perlu membuka sebuah restoran. Modalnya hanya peralatan masak, bahan-bahan makanan, kemasan, dan sebuah ponsel dengan akses internet.

Anti, warga Regency Melati Mas, merupakan salah satu pebisnis makanan yang berjualan hanya via online. “Saya kerja sama dengan saudara, membuat ayam geprek dan dijual via Grab Food atau Go-Food. Praktis karena kami bisa membukanya di rumah, tanpa harus buka restoran resmi. Penghasilannya juga sangat lumayan, lho” ujarnya.

Jasa pembersih sepatu

Di era milenial saat ini, banyak anak muda yang mau membeli sepatu dengan harga selangit. Harganya yang tak murah itu membuat mereka merawat sepatunya dengan spesial, termasuk membersihkanya secara khusus.

Bisnis pembersih sepatu pun semakin menjamur. Anda tak harus menyewa ruko atau membuka toko sendiri untuk memulai bisnis ini. Sediakan saya satu ruangan khusus sebagai tempat kerja dan viralkan jasa Anda melalui media sosial!

Penyewaan kamar

Punya kamar kosong di rumah? Jangan dianggurkan! Anda bisa bergabung dengan komunitas penyewa kamar, seperti AirBnB, Airy Room, dan lainnya.

Proses registrasi dan syaratnya juga tak sulit. Anda pun bisa mendapatkan pendapatan pasif dari kamar-kamar kosong yang Anda sewakan!

Penulis: Krista Rai

Foto: Jcomp/Freepik

Follow IG: @etalaseserpong