Profesi Ini Cocok untuk Kamu yang Hobi Menggambar!

2323

Pernahkah kamu berpikir, enaknya menggeuti bidang yang kamu minati? Bayangkan, kamu bisa melakukan hobimu setiap hari dan menghasilkan uang! Bahkan, kamu bisa terkenal karena hobimu itu.

Mendalami minat dan bakat sudah seharusnya dilakukan. Jika kita menggeluti bidang yang memang kita sukai dan ada talenta di sana, semuanya akan terasa lebih ringan. Salah satu talenta yang bisa kamu kembangkan menjadi profesi, yaitu menggambar.

Jika sejak kecil kamu sangat suka menggambar, nilai-nilai kesenianmu selalu bagus, dan kamu menerima banyak pujian atas talentamu itu, itu sebuah tanda bahwa saatnya mempertimbangkan untuk memberikan perhatian khusus kepada bakatmu itu dan menggelutinya lebih dari sekadar hobi di saat senggang.

Sebelum mengambil keputusan final dalam menentukan jurusan di universitas nantinya, kami mereferensikan beberapa profesi yang bisa kamu geluti yang berkaitan dengan talenta menggambarmu!

Arsitek

Seorang arsitek adalah konseptor dari sebuah bangunan. Dibutuhkan keterampilan menggambar dan ilmu eksak yang kuat untuk bisa merancang sebuah bangunan. Arsiteklah yang memperhitungkan desain sebuah bangunan beserta spesifikasi detailnya.

Jika kamu memilih profesi ini, kamu akan lebih banyak menggambar bangun ruang dan isinya. Kamu juga akan diajari untuk memperhitungkan setiap garis yang kamu gambar! Menariknya, profesi ini tak melulu harus bekerja sebagai karyawan kantoran, lho. Jika kamu punya “selera” yang bagus dalam merancang sebuah bangunan, kamu bisa membangun branding atas nama sendiri dan kamu bisa mendirikan firma sendiri!

Itulah yang dilakukan oleh Wahyu, warga Kencana Loka, yang sebelumnya bekerja di sebuah perusahaan kontraktor di Jakarta. Setelah dia berhasil mengumpulkan relasi yang cukup banyak dan namanya sudah cukup dikenal di kalangan kontraktor lainnya, dia memutuskan untuk bekerja sendirian. “Saat ini, saya sedang menangani beberapa proyek rumah, bahkan perumahan. Menjadi seorang arsitek tak hanya harus bisa gambar, tetapi juga punya ilmu komunikasi yang bagus agar bisa branding diri, ‘menjual’ nama diri agar lebih dikenal luas,” ujarnya.

Insinyur

Profesi ini merupakan salah satu profesi tertua di dunia, lho! Insinyur inilah yang nantinya bertanggung jawab mengawasi pembangunan, pembuatan, cara kerja sebuah mesin, gedung, sistem, dan lain sebagainya. Profesi ini memiliki cakupan yang sangat luas, mulai dari bidang permesinan hingga pertanian.

Kamu bisa mengambil jurusan teknik dan turunannya untuk mendapatkan gelar S.T yang kemudian bisa kamu lanjutkan dengan mengambil kuliah lanjutan bidang profesi untuk mendapatkan gelar Ir. (insinyur). Jika kamu sudah lulus dari keprofesian ini, kamu akan mendapatkan surat resmi yang memungkinkan kamu untuk menjalani profesi sebagai insinyur.

Untuk mendalami profesi ini, kamu harus punya skill desain, eksakta, dan analisis yang sangat kuat.

Animator

Sejak kecil, kamu suka meniru gambar-kambar karakter di komik favoritmu. Beranjak dewasa, imajinasimu semakin “liar” dan kamu bisa menorehkan karakter-karakter hasil khayalanmu di atas kertas. Nah, kenapa kamu tidak jadi seorang animator?

Saat ini, animator menjadi profesi yang sangat menjanjikan mengingat semakin berkembangnya teknologi dalam menciptakan kartun dan animasi. Lihatlah film-film animasi buatan Hollywood yang berhasil memukau jutaan penonton di dunia. Semuanya dikerjakan oleh orang-orang yang terus menghidupkan hobi menggambarnya hingga dewasa!

Selain menggarap animasi film, kamu juga bisa menggarap animasi game, lho! Tentu ini kabar gembira untuk kamu yang memang hobi main game!

Product designer

Profesi ini merupakan salah satu yang sangat menjanjikan di dunia desain. Kamu bisa mengambil salah satu jurusan desain untuk bisa menggeluti profesi ini. Menjadi seorang product designer, kamu akan merancang desain sebuah produk, entah itu barang atau dalam bentuk digital. Dalam bentuk digital, dikenal profesi UI atau UX designer. Untuk profesi ini, kamu juga dituntut untuk bisa menguasai beberapa aplikasi dan platform.

Craft entrepreneur

Jika kamu suka menggambar dan menciptakan sesuatu menjadi sebuah bentuk kerajinan tangan, kenapa kamu tak mencobanya untuk menjualnya? Sekarang ini, banyak anak muda yang berani menyuarakan idealisme mereka melalui karya-karya craft mereka. Nah, kamu bisa menuangkan kreativitasmu melalui sebuah kerajinan tangan yang bisa jadi peluang bisnis yang sangat besar.

Jika kamu tertarik untuk mendalami profesi ini, kamu harus menguasai beberapa skill, di antaranya desain produk dan manajemen bisnis!

Wah, ternyata banyak, ya, yang bisa dilakukan hanya dari hobi menggambar. Sudahkah kamu menemukan secercah bayangan untuk masa depanmu? Selamat merenung!

Penulis: Krista Rai

Foto: Freepik

Follow IG: @etalaseserpong