Profesi yang Berpotensi Digantikan Oleh Robot

64
Beberapa pekerjaan yang berpotensi hilang ditelan teknologi.

Perkembangan zaman dan kemajuan teknologi rupanya tak selalu berdampak baik. Segala sesuatu yang bersifat terlalu pesat memang pasti akan mengorbankan beberapa hal. Dalam mencari uang kamu memang harus pintar menggunakan akal dan insting. Memberbaiki kesalahan kecil saja membutuhkan waktu yang cukup lama.

“Sebagai seorang karyawan dan freelancer, saya cukup khawatir mendengar kabar ini. Apalagi di luar sana sangat banyak orang yang membutuhkan lapangan pekerjaan untuk bertahan hidup,” ujar Felix selaku warga Gading Serpong. “Tapi yaaa namanya hidup, kita tetap harus bisa bertahan di setiap kondisi,” pungkasnya.

Seperti yang dikutip dari fastcompany.com, perkembangan teknologi memang sangat membantu manusia hampir dalam segala aspek kehidupan. Tetapi ternyata hal ini juga berdampak pada manusia sebagai pekerja utama dalam sebuah industri. Para robot dan sistem khusus sekarang mampu menggantikan peran manusia. teknologi pun kini menjadi sebuah pro dan kontra di tengah masyarakat. penasaran apa saja profesi yang akan hilang dan digantikan oleh teknologi? Yuk simak ulasannya berikut ini.

Petani

Kemunculan robot yang bisa menyerupai manusia termasuk gerak geriknya kini mulai mengancam para petani. Terlebih, robot dinilai lebih kuat dan efisien. Berbeda dengan manusia yang dinamis. Bisa sakit dan molor waktu. Selain bertani, robot juga bisa menggantikan peran manusia dalam mengurus ternak seperti sapi, kambing dan ayam. Robot bahkan bisa diatur untuk memerah susu sapi.

Teller bank

Pembayaran yang kini cenderung ke arah cashless pun mengancam profesi pegawai yang bekerja di bank. Kalau dulu kamu memerlukan para teller di bank untuk mengurus hal-hal yang berkaitan dengan keuangan, kini kamu bisa melakukannya sendiri lewat ATM. Apalagi sudah mula bermunculan aplikasi pembayaran online yang praktis.

Jurnalis

Pernah dengar tentang artificial intelligence? Kecerdasan buatan manusia dalam sebuah sistem komputer tersebut rupanya mulai merambah dunia jurnalistik. Sistem ini bahkan bisa menulis artikel dalam waktu singkat? Profesi jurnalis yang berupa tulis menulis pun kini bisa terancam punah. Sekali diatur dan diberikan data, sistem ini bisa menulis hingga ribuan artikel dalam waktu beberapa menit. Selain dinilai cepat dan efisien, artificial intelligence ini bisa memenuhi seluruh list pekerjaan di perusahaan media.

Aktor

Perkembangan teknologi CGI juga mengancam dunia entertainment. Siapapun bisa menyerupai sosok yang diinginkan melalui CGI. Tidak perlu repot-repot mengaudisi orang lagi karena CGI bisa merubah bentuk wajah bahkan tubuh seseorang sesuai keinginan produser film.

 

Penulis: Maria Theresia

Foto ilustrasi: Pixabay.com/geralt

Follow Instagram @etalaseserpong