Punya Lebih dari Satu kartu Kredit, Berbahayakah?

251

Di zaman milenial dan serbaonline sekarang ini, transaksi pembelian menjadi semakin mudah. Anda hanya perlu memasukkan nomo rkartu kredit Anda, dan voila! Transaksi berhasil! Sebegitu mudahnya saat ini untuk bisa membeli barang-barang impian Anda. Tak perlu lagi menunggu uang terkumpul. Beli saja dulu, bayar kemudian!

Namun, strategi ini rentan menjadi malapetaka jika Anda tak bijak mengelolanya. Apalagi, saat ini, sudah umum bagi beberapa orang memiliki lebih dari satu kartu kredit. Semakin menarik penawarannya, semakin tergoda membuat kartu kredit baru!

Apakah ada manfaat, atau ada bahaya yang mengintai, ketika kita memiliki lebih dari satu kredit. Ada beberapa hal yang bisa Anda pertimbangkan sebelum memutuskan—atau bahkan sudah dilakukan?—mempunyai lebih dari satu kartu kredit.

Ada tujuan khusus

Beberapa orang mengaku bahwa mereka memilih untuk punya lebih dari satu kartu kredit karena memanfaatkan diskon, promo, dan alasan sejenis lainnya. Misalnya, Nora, warga The Zora, yang mengakui kalau dia sudah mematok penggunaan kartu kreditnya. “Ya, ada kartu kredit yang punya promo di sebuah supermarket. Jadi, saya kalau belanja bulanan gesek kartu yang itu. Untuk pembayaran tagihan bulanan, pakai kartu kredit lainnya lagi. Jadi, biar ekonomis.”

Jadi, memiliki kartu kredit lebih dari satu harus diatur sedemikian rupa agar tidak merepotkan Anda di kemudian hari!

Tetap bijak menggunakannya

Pada dasarnya, keberadaan kartu kredit bisa memberikan banyak manfaat jika digunakan dengan bijak. Sebelum menggunakannya, ada baiknya Anda membuat perhitungan budget bulanan untuk tahu limit penggunaan tiap bulan. Ini dilakukan untuk menghindarkan Anda gagal bayar di akhir bulan karena pemakaian sudah melewati budget.

Hindari pemakaian sampai overlimit

Kartu kredit biasanya menyediakan limit yang berbeda-beda. Ada baiknya patuhi limit ini untuk menghindari biaya tambahan. Jika penggunaan kartu kredit Anda cukup tinggi, sebaiknya ajukan kenaikan limit kartu kredit. Namun, ingat, gunakan untuk hal-hal yang memang esensial, bukan untuk kesenangan semata.

Minta fasilitas penghapusan biaya administrasi

Punya dua sampai tiga kartu kredit, berarti Anda akan dibebankan biaya administrasi sebanyak tiga kali! Per kartu biasanya dikenakan biaya sekitar Rp100.000 sampai Rp500.000 per tahun, tergantung jenis kartu kreditnya. Tentunya, ini termasuk biaya yang tidak perlu! Anda bisa lebih selektif memilih perusahaan penyedia kartu kredit yang menawarkan gratis biaya tahun seumur hidup. Atau, Anda bisa mengajukan penghapusan biaya administrasi kepada perusahaan, dengan syarat tertentu.

Penulis: Krista Rai

Foto: Jcomp/Freepik

Follow IG: @etalaseserpong