Rajin Sikat Gigi Tapi Tetap Bau Mulu? Waspada Penyakit Berikut Ini

81
Rajin sikat gigi tidak menjadi jaminan napas wangi sepanjang hari.

Semua orang pasti pernah mengalami masalah bau mulut karena beberapa faktor. Bisa jadi karena makanan yang dikonsumsi memiliki aroma yang tajam, atau ada bagian sela gigi yang tidak bisa digapai oleh sikat. Bau mulut sangat memalukan karena mengganggu interaksi kita dengan orang lain. Jangan sampai bau mulut menyerang ketika sedang melakukan intervew kerja. Hal ini bisa menjadi nilai minus tersendiri.

First impression itu penting banget dan enggak hanya berupa penampilan yang rapi dan cara berbicara seseorang ketika pertama kali bertemu ya. Kebersihan diri seperti bau badan dan bau mulut juga harus selalu diperhatikan. Selain mengganggu orang banyak, itu kan kepentingan pribadi juga. Kita harus senantiasa merawat diri sebagai bentuk dari rasa bersyukur dan menghargai terhadap diri sendiri,” ujar Nita selaku warga Gading Serpong.

Mengutip dari karmazindental.com, kamu wajib menyikat gigi dua kali dalam sehari. Ketika baru bangun tidur dan sebelum pergi tidur. Menyikat gigi pada siang hari di sela kegiatan juga sangat dianjurkan untuk membunuh sebagian bakteri yang mulai menumpuk selepas mengemil sesuatu. Lalu bagaimana jika kamu sudah menyikat gigi secara rutin tetapi masih bau mulut? Kamu harus waspada. Bau mulut yang tak kunjung hilang merupakan indikasi dari penyakit tertentu. Simak ulasan berikut ini.

Radang gusi

Karang gigi yang tidak pernah dibersihkan, sisa makanan yang bersarang di lobang gigi, dan gusi luka akibat terkena goresan merupakan penyebab terjadinya radang gusi. Kondisi tersebut mengakibatkan tumpukkan bakteri semakin banyak dan mulut pun akan semakin berbau busuk. Apalagi jika gusi sering mengeluarkan darah. Bakteri bercampur amis darah akan semakin memperkuat sengatan bau mulut.

PH air liur tinggi

Segera periksa kadar PH air liur jika bau mulut kerap menyerang. Bisa jadi penyebabnya karena kadar PH yang terlalu tinggi sehingga menimbulkan bau tertentu. Karang gigi mudah muncul jika PH air liur terhitung tinggi.

Asam lambung

Jika kamu memiliki riwayat asam lambung, bau mulut merupakan hal yang lumrah terjadi ketika penyakit tersebut kambuh. Saluran tenggorokan terhubung ke berbagai organ dalam tubuh. Jika lambung sedang bermasalah, maka kadar asamnya akan meningkat dan naik ke atas. Bau asam ini yang kemudian keluar melalui rongga mulut.

Sinus

Bau mulut akibat penyakit sinus masih diremehkan sebagian orang karena dianggap tidak berkaitan. Padahal saluran tenggorokan juga terhubung ke saluran pernapasan. Lendir yang mengandung bakteri lama-lama akan turun ke tenggorokan sehingga baunya akan keluar melalui mulut. Umumnya bau yang tercium menyerupai bau kotoran. Jika dibiarkan terlalu lama lendir tersebut bisa keluar sebagai muntahan. Teksturnya kental dan berwarna hijau atau kuning.

 

Penulis: Maria Theresia

Foto ilustrasi: Pixabay.com/kreatikar

Follow Instagram @etalaseserpong