Santap Hidangan Istimewa di Tahun Baru Imlek

396

Untuk merayakan Tahun Baru Imlek, ada tradisi makan-makan besar bersama keluarga dan kerabat dekat. Hidangan yang disajikan pun terasa istimewa. Nah, dalam rangka merayakan Tahun Baru Imlek, Atria Hotel Gading Serpong juga mengeluarkan hidangan istimewa. Menu khas peranakan China yang dinamakan The Nyonya Cuisine ini terdiri dari empat hidangan. Antara lain, Squid Salt and Pepper Sauce, Deep Fried Grouper Nyonya Sauce, Authentic Laksa Penang, dan Braised Sapo Tofu Seafood. 

Menurut Executive Chef Atria Hotel Gading Serpong Sularno, keempat masakan tersebut memang kuliner khas China, namun rasanya sudah tidak murni dari China asli karena sudah dikombinasikan dengan selera lidah orang Asia Tenggara. “Bumbunya pun sudah bercampur, seperti ada kunyitnya, ada karinya. Ketika masuk ke Asia Tenggara seperti Malaysia, Singapura, dan Indonesia, masakan-masakan ini sudah diolah sedemikian rupa sehingga rasanya cocok dengan lidah orang Asia Tenggara,” kata Chef Sularno.

Menggugah Selera

Hidangan khas peranakan China yang hadir mulai bulan Januari hingga Maret 2020 ini benar-benar menggugah selera. Tim ETALASE SERPONG ikut mencicipi hidangan-hidangan tersebut saat berkunjung ke Restoran Mezzanine di Atria Hotel Gading Serpong. Bagaimana rasanya?

Hidangan pertama, yaitu Squid Salt and Pepper Sauce memiliki ciri khas beraroma wangi rempah-rempah dan bumbunya, terutama bawang putihnya. Menurut Chef Sularno, hidangan cumi goreng crispy ini biasa disajikan sebagai hidangan starter

Bagi Anda yang suka dengan ikan kerapu, bisa mencoba masakan Deep Fried Grouper Nyonya Sauce. Ikan kerapu goreng ini sangat terasa sekali bumbu rempah-rempahnya. Rempah-rempah seperti sereh, daun jeruk, kunyit, bawang putih, serta kecombrang makin menambah keharuman masakan ini. Apalagi jika ditambahkan perasan lemon, hmm…segar sekali! Pastinya akan membuat Anda ketagihan. 

Kalau masakan laksa yang satu ini berbeda dari laksa biasanya. Authentic Laksa Penang di Atria Hotel Gading Serpong menggunakan santan sehingga terasa gurih. Warna masakan yang cerah dengan kuah santan berwarna kuning juga sangat terasa bumbu rempahnya. Di dalam kuah santan yang gurih dapat ditemukan campuran isian mi laksa, tahu, telur, fish cake, dan udang. Sambal, bubuk cabe kering, serta perasan jeruk limau yang dihidangkan makin menambah cita rasa si Authentic Laksa Penang ini. 

Satu hidangan lagi yang cocok disajikan ketika makan bersama keluarga, yaitu Braised Sapo Tofu Seafood. Menu ini dibuat istimewa dengan isian yang lengkap di dalam claypot. Ada banyak kombinasi sayuran dan seafood yang bisa ditemukan di menu ini, seperti tahu telur, jamur, wortel, brokoli, daun lettuce, dan berbagai macam seafood (udang, cumi, dan ikan) yang memiliki ciri khas gurih dan manis. Cocok dihidangkan saat makan bersama dengan keluarga.

Harus Cepat Disajikan

Chef Sularno berpesan, untuk memasak hidangan yang menggunakan seafood seperti ini harus memperhatikan kecepatan dalam memasak. “Kalau kelamaan memasaknya, apalagi memasak seafood seperti udang, cumi, dan ikan, sampai overcooked, rasanya jadi tidak enak. Kuncinya adalah cepat dimasak, cepat disajikan, dan cepat dikonsumsi. Karena, kalau masakannya sudah mulai dingin, tidak akan enak,” begitu tips dari Chef Sularno.

 Nah, untuk merayakan Imlek tahun ini, tak ada salahnya Anda bersama keluarga merasakan suasana baru dengan berkunjung ke Atria Hotel Gading Serpong untuk mencicipi keempat hidangan khas peranakan China ini. Selamat Tahun Baru Imlek! 

Penulis: Risia

Foto: Dok. Atria Hotel Gading Serpong

Follow IG: @etalaseserpong