Simpel Tapi Bikin Awet Muda, Apa Saja?

51
Menjaga kesehatan kulit agar senantiasa awet muda.

Siapa sih yang tidak menginginkan wajah awet mudah meski sudah menginjak usia senja? Berbagai cara pasti rela dilakukan dari mulai menggunakan sederet rangkaian skin carehingga perawatan di salon demi kulit cerah bersinar sepanjang waktu. Beberapa orang bahkan sampai mengeluarkan uang jutaan demi melakukan perawatan di klinik ternama. 

Jangan sedih dulu, menurut theladders.com, memiliki wajah awet muda bisa dengan cara yang paling murah meriah kok. Yang terpenting kamu konsisten dan menghindari berbagai hal yang berpotensi merusak kulit seperti bahan berbahaya pada skin careabal-abal. Kebiasaan sehari-hari yang simpel dan sederhana juga ternyata membantu untuk merawat kesehatan kulit loh. Apa saja ya?

Selalu menggunakan sunscreen

Dokter kulit dan beauty enthusiasttidak pernah bosan mengingatkan untuk rajin menggunakan sunscreen. Apalagi matahari zaman sekarang sangat berbahaya bagi kulit sebagai akibat dari lapizan ozon yang semakin menipis. Sinar UV dapat mempercepat penuaan kulit sehingga menyebabkan timbulnya keriput dan flek hitam. Kalau sudah begini dibutuhkan perawatan yang mahal untuk kembali meremajakankulit.

Rutin minum air mineral

Minum air mineral setiap hari sebanyak kurang lebih dua liter merupakan kewajiban. Tidak hanya untuk menghidrasi kulit, air mineral juga membantu untuk mengeluarkan sisa-sisa kotoran serta zat-zat berbahaya dari dalam tubuh. Rajin minum air mineral sama saja dengan menyayangi organ-organ vital di dalam tubuh. Metabolisme yang terjaga juga sangat berpengaruh bagi kesehatan kulit. Jadi mulai sekarang rajin minum air mineral ya!.

Jangan lupa melakukan eksfoliasi kulit

Setelah melakukan aktivitas sehari-hari, banyak kotoran yang menempel pada permukaan kulit seperti debu dan polusi. Pakai sabun cuci muka biasa saja tidak cukup untuk mempertahankan kekencangan kulit. Salah satu tahap perawatan yang wajib dilakukan adalah eksfoliasi. Sebelum membasuh wajah menggunakan sabun, eksfoliasi kulit dengan menggunakan scrubyang lembut atau menggunakan chemical exfoliatior. Keduanya sama-sama ampuh membersihkan kotoran tapi tetap harus disesuaikan dengan jenis kulit masing-masing.

Gunakan bahan kain yang lembut

Memang apa sih pengaruhnya jenis kain sprei, sarung bantal dan baju tidur yang digunakan? Ternyata hal sepele yang sering diabaikan justru sangat berdampak bagi kesehatan kulit. Mulai sekarang gunakan sprei, sarung bantal dan baju tidur berbahan lembut agar tidak menarik-narik kulit selama kamu tidur. Bahan yang lembut akan mengikuti pergerakan tubuh ketika tidur sehingga kekencangan kulit pun terjaga.

Penulis: Maria Theresia

Foto ilustrasi: Pixabay/ Allinoch

Follow Instagram: @etalaseserpong