Skill Ini Bisa Jadi Potensi Bisnis Baru di 2020

567

Di dunia modern seperti sekarang ini, tak cukup hanya memiliki otak yang pintar. Kamu juga dituntut untuk memiliki skill-skill spesifik yang akan membuat “nilai jual”mu meningkat. Terlepas dari apa pun profesimu sekarang, kamu harus menggali satu atau dua keterampilan praktis yang bisa kamu gunakan untuk mencari penghasilan tambahan.

Kami mengurasi beberapa skill yang bisa dijadikan ladang penghasilan yang cukup menjanjikan di 2020!

Desain grafis

Tahukah kamu kalau kebutuhan marketing akan skill grafis semakin meningkat? Profesi ini memang sudah ada dari dulu ketika banyak perusahaan membutuhkan para desainer grafis untuk membuat media promosi dan iklan. Nah, sekarang, skill ini tak terbatas sampai itu saja! Semakin banyaknya pelaku bisnis yang menggunakan media sosial sebagai platform promosi mereka, kebutuhan akan desain grafis yang menarik pun meningkat! Tak hanya untuk kebutuhan media sosial, para pelaku bisnis juga membutuhkan para desainer grafis untuk membuatkan company profile dengan gaya yang kekinian dan penuh dengan kreasi visual yang menarik!

Jika kamu memiliki skill ini, segeralah pertajam! Perbanyak portofoliomu dengan membuat desain untuk berbagai platform (cetak maupun online). Hal itulah yang dilakukan oleh Raymond, pemilik properti di Illago, Gading Serpong. Sejak 12 tahun lalu, dia menjadikan skill-nya sebagai ladang bisnisnya. Dia dan adiknya mendirikan sebuah firma keluarga yang menawarkan jasa desain, ilustrasi, dan video. Saat ini, dia mengakui kliennya semakin beragam. “Dulu, kami dibutuhkan sebatas untuk pembuatan banner, baliho, dan desain di majalah. Sekarang, pelaku bisnis skala kecil juga membutuhkan jasa desain grafis untuk promosi produk mereka di media sosial. Kita, sebagai desainer grafis profesional, memang harus bisa upgrade ilmu mengingat sekarang mendesain sesuatu semakin mudah berkat bantuan aplikasi. Di situlah kita harus pintar-pintar mencari celahnya!”

Pembuatan video

Siapa sih yang sekarang tak tahu Youtube? Kalau dulu video hanya bisa dibuat oleh profesional, sekarang siapa pun bisa membuat video. Tutorial membuat video pun bisa ditemukan di mana-mana. Tak heran, saat ini banyak orang dari “kalangan biasa” pun bisa menjadi Youtuber!

Nah, jika kamu punya skill ini, mulailah mengumpulkan portofolio dari sekarang! Libatkan diri di proyek-proyek dengan tema berbeda. Jika portofoliomu bagus, kamu bisa mendapatkan klien dengan mudah!

Content writing

Meredupnya pamor media cetak ternyata tak mematikan dunia penulisan. Saat ini, content writing tak terbatas pada dunia print, tetapi sudah merambah ke dunia digital. Lihat saja turunan dari bidang ini yang semakin berkembang, misalnya UX writer.

Kalau kamu sudah sejak lama punya hobi menulis, pertajam kemampuanmu. Latihlah diri untuk mampu menulis dari berbagai angle untuk berbagai tema. Mengikuti kursus penulisan juga akan membantu menaikkan kemampuan menulismu.

Saat ini, nyaris semua industri membutuhkan content writer yang diperlukan untuk mengisi konten di situs web atau menjadi “corong” perusahaan untuk branding ke pasar.

Digital marketing

SEO, SEM, Adsense, Adworks, dan lain sebagainya menjadi istilah yang cukup awam di era digital saat ini. Perdalam pengetahuanmu tentang digital marketing karena saat ini semua pelaku bisnis membutuhkan orang-orang yang ahli di bidang ini! Semakin tajam pengetahuan dan pengalamanmu, tentunya hargamu akan semakin tinggi!

Penulis: Krista Rai

Foto: creativeart/Freepik

Follow IG: @etalaseserpong