Strategi Membuat Akun Jualan Yang Sehat

63
Tips membuat akun jualan.

Sekarang banyak orang mengamati kredibilitas suatu produk dari akun media sosialnya. Karenanya penting sekali membuat akun jualan yang sehat. Agar konsumen percaya, tertarik, membeli, dan menjadi pelanggan setia.

Terutama memuat informasi yang benar nan akurat tentang produk yang dijual. Disertai foto-foto yang menarik. Ada baiknya, pemberian nama akun disesuaikan dengan nama produk yang dipasarkan. Selain itu, terus berikan pelayanan yang ramah dan cepat guna menjaga relasi dengan konsumen.

Baca juga: Yang Dibutuhkan Dari Admin Akun Bisnis

Sebab akun jualan saat ini bukan hanya untuk mempromosikan dagangan semata. Ia menjadi semacam simbol, wujud visual dari branding yang ingin dibangun, juga jembatan penghubung dengan banyak khalayak. Termasuk dengan investor yang berperan sebagai penyuntik dana. Jadi, sekalipun membuat akun jualan terkesan mudah, gratis, dan bisa kapan saja, tetap perhatikan kesehatannya.

Rutin membuat konten

Seperti rutin olahraga setiap hari supaya tubuh tetap bugar, maka rutin membuat konten bertujuan menghindari anggapan akun telah mati. Akun yang dinilai tidak aktif, berpengaruh besar pada minimnya minat pembeli.

Walau tidak ada varian produk yang baru, terus kelola akun dengan mengunggah konten-konten terbaru. Sampaikan pada pembaca bahwa akun tetap ada dan siap melayani kapan saja.

Kreatif, tapi tak harus tentang produk

Di samping itu upayakan untuk selalu memuat konten yang kreatif. Tapi tak harus selalu fokus pada produk. Misalnya dengan mengunggah informasi terkini, hari-hari besar nasional, kutipan-kutipan bijak, atau sejenisnya. Langkah cerdas untuk menangkal kebosanan pembaca mengunjungi laman akun. Sebaliknya, terus tertarik membaca dan mengikuti.

Baca juga: Untung Rugi Berjualan Di Marketplace

Setting sebagai akun bisnis

Cara lain yang juga bisa ditempuh untuk membuat akun jualan yang sehat adalah mengaturnya sebagai akun bisnis. Dengan begitu, oleh platform media sosial akan dihubungkan dengan akun-akun yang relevan. Serta memudahkan untuk tampil sebagai iklan. Ingin menjaring banyak pengikut untuk menyukai akun jualan juga bakal lebih gampang.

Ada cerita ke pembaca

Sesekali muat cerita pada pembaca. Contohnya komentar atau testimoni dari pembeli. Hasil cuplikan percakapan di aplikasi obrolan yang memuji produk. Apalagi jika datang dari public figure, biasanya akan mudah sekali meningkatkan kredibilitas dan kepercayaan konsumen pada akun.

Di lain waktu, buat narasi tentang sejarah produk. Misalnya dimulai dari mana ide datang untuk berjualan, siapa saja yang mendukung, bahan utamanya, serta lainnya. Narasi yang mengajak pembaca tahu lebih dalam tentang seluk beluk produk itu sendiri.

Baca juga: Kiat Mengerek Laba Berdagang Online

Khusus untuk jualan

Karena memang ditujukan untuk berjualan, maka sudah seharusnya akun tidak boleh digunakan untuk hal-hal lainnya. Contoh yang paling sepele adalah digunakan untuk berkomentar di akun orang lain. Apalagi jika sampai memberikan komentar pedas atau negatif, bakal mendatangkan preseden buruk bagi produk yang dijual.

Serta hindari memakai akun di mana orang lain merasa terganggu. Berjualan di kolom komentar akun seseorang, mengirim foto dan pesan lewat jaringan pribadi berkali-kali, atau mentautkan nama tertentu dengan foto produk yang dimuat. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Pexels

Follow Instagram @etalaseserpong