Tanaman yang Cocok Sebagai Pagar Rumah

111
Menanam tanaman yang cocok sebagai pagar rumah.

Rumah kerap dinilai dari pagarnya. Tak mengherankan jika pagar kemudian sering diprioritaskan. Dari segi keamanan maupun estetika. Apalagi ada aneka tanaman yang siap menjadi pagar cantik penghias rumah.

Hasilnya rumah bukan saja terlihat asri dan indah. Beberapa tanaman yang biasanya disulap sebagai portal, juga memiliki khasiat untuk kesehatan. Jadi sekali tanam, terpetik banyak manfaat.

Baca juga: Jenis Pohon Peneduh Yang Cocok Untuk Di Rumah

Tanaman boxwood

Sepertinya tanaman boxwood paling populer untuk dijadikan pagar. Mampu tumbuh ke atas hingga sepanjang enam meter. Daunnya kecil-kecil, sementara akar dan batang-batangnya tumbuh rapat berdekatan.

Sangat memudahkan untuk dibentuk sesuai selera. Ditambah daunnya sepanjang tahun juga selalu hijau dan tak merepotkan untuk dirawat.

Pohon cemara kipas

Foto: dijelas.in

Lalu ada pohon cemara kipas yang banyak digemari untuk pagar. Banyak pula yang menyebutnya dengan pohon cedar. Tumbuh menjulang ke atas dan pucuknya cenderung berujung lancip. Sangat memberi kesan natural, sejuk, dan menjaga privasi. Bentuk daunnya juga unik dan menarik. Selain itu, bermanfaat pula untuk meredakan gejala demam, diare, dan batuk.

American holly

Foto: finegardening.com

American holly ternyata sudah dikenal seantero dunia sebagai tanaman  pagar. Sekilas, hampir mirip dengan pohon cemara. Hanya saja daunnya tidak berbentuk jarum. Tingginya mampu mencapai 20 meter sehingga sangat mampu menjadi pagar yang baik. Sebab menutup rapat-rapat bagian depan rumah dari pandangan luar. Pemilik tinggal merapikan saja daun-daun yang terus tumbuh agar pohon tak terkesan berantakan.

Pohon bambu kuning

Atau coba gunakan bambu kuning sebagai pagar. Posisikan batang-batang bambu rapat. Dijamin rumah tak hanya asri. Tapi juga tampak eksotis, lantaran ada warna kuning menyala yang berpadu dengan hijau dari daun-daunnya. Yang sekadar lewat pun ikut menikmati, yang punya rumah pasti tambah betah dibuatnya.

Baca juga: Perhatian Ekstra Bila Tinggal Di Tepi Jalan Raya

Lidah mertua

Foto: klikhijau.com

Selanjutnya ada tanaman lidah mertua yang dapat diandalkan sebagai pagar hidup. Memang tak bisa setinggi tanaman pagar yang lain. Maksimal kurang lebih hanya mencapai 75 cm saja. Tapi lidah mertua sangat efektif menyerap senyawa-senyawa berbahaya yang beterbangan di udara. Dan, tanaman hijau panjang dengan sisi tajam ini ternyata juga ditakuti oleh ular.

Bunga soka

Foto: agrotek.id

Bila ingin bertema bunga, ada bunga soka yang siap membantu. Punya dedaunan lebat yang tak terlalu lebar dengan bunga-bunga kecil bernuansa pink. Walau sering terlihat tumbuh rendah, sebenarnya ia mampu mencapai ketinggian hingga 120 meter. Tinggal sesuaikan saja dengan keinginan atau gaya rumah.

Bunga bougenville

Foto: id.pinterest.com

Jenis bunga lainnya adalah bunga bougenville. Atau sering dijuluki dengan nama bunga kertas. Warna bunganya bisa bermacam-macam. Ada yang merah, pink, kuning, ungu, putih, sampai emas. Tak membutuhkan metode khusus dalam perawatan, disamping mampu tumbuh lebat dan menjulang tinggi.

Baca juga: Tetap Adem Dengan Taman Vertikal

English ivy

Selanjutnya ada jenis tanaman merambat english ivy. Karena sifatnya yang tidak bisa berdiri sendiri, Anda bisa mendekatkannya pada pagar atau dinding yang sudah berdiri. Dapat pula dengan menggantungkan dari atas, sehingga nantinya merambat ke bawah. Pagar rumah jadi lebih hidup dan elegan. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Pexels, Freepik

Follow instagram: @etalaseserpong