Tanamkan Sikap Tanggung Jawab pada Anak

172

Penting sekali bagi seseorang untuk memiliki sikap tanggung jawab. Sikap ini harus ditanamkan sedini mungkin. Namun, untuk menanamkan sikap tanggung jawab ini memerlukan kerja sama dari berbagai pihak. Mulai dari orangtua, kakek dan nenek, pengasuh, serta guru.

Karena itu, Saint John’s Catholic School yang berlokasi di Kencana Loka Raya, BSD City, mengadakan seminar terbuka yang bertajuk “Strategy to Instill Responsibility on Your Beloved Children”. Seminar yang diselenggarakan pada 13 Februari 2020 ini dibawakan langsung oleh psikolog senior Dra. Tika Bisono, MpsiT., psikolog. Seminar ini tak hanya dihadiri para orangtua siswa dari berbagai sekolah, tetapi juga dihadiri kalangan guru dari beberapa sekolah di Serpong dan Jakarta.

Generasi Z yang memiliki keterikatan pada dunia digital menghadirkan kebutuhan bagi orangtua untuk bisa lebih kreatif dalam menjaga komunikasi dengan anak. Sementara itu, anak juga perlu menumbuhkan tanggung jawab pribadi dalam berselancar di dunia maya.

Ing ngarsa sung tuladha, ing madya mangun karsa, tut wuri handayani. Bekal dari Ki Hajar Dewantara  ini adalah patokan yang paling penting bagi orangtua dan pengajar,” pesan Tika Bisono. Di depan memberi contoh, di tengah memberi semangat, di belakang memberi dorongan. Pesan ini dapat diartikan bahwa orangtua dan guru-guru perlu tahu menempatkan diri pada saat perlu menjadi contoh, kala menjadi penyemangat, atau saat melepaskan anak berdiri di depan dan memberi mereka dorongan untuk menjadi orang yang berhasil.

Penulis: Risia

Foto: Dok. Saint John’s Catholic School

Follow IG: @etalaseserpong