Telinga Berdenging, Ini Beberapa Penyebabnya

47

Kondisi telinga berdenging bisa dialami siapa saja. Penyebabnya pun beragam. Penyebab yang paling ringan, yaitu ketika kita sering mendengar suara keras, misalnya saat sedang berada di area konstruksi atau saat menonton konser. Jika kondisi ini yang Anda alami, tak perlu khawatir karena itu adalah hal yang wajar.

Namun, jika tiba-tiba Anda sering mengalami telinga berdenging tanpa alasan yang jelas, Anda perlu waspada. Kondisi ini biasanya muncul sesekali dan dalam rentang waktu yang sebentar. Namun, ada pula dengingan yang berlangsung cukup lama.

Lalu, apa penyebab gejala ini? Berikut beberapa di antaranya.

Infeksi saluran telinga

Ketika telinga mengalami infeksi, biasanya akan muncul gejala berdenging disertai rasa sakit pada bagian tertentu. Infeksi ini bisa terjadi pada salah satu telinga atau keduanya. Kondisi ini tidak perlu terlalu dikhawatirkan. Namun, Anda tetap perlu memberikan perhatian khusus kepada telinga jika sudah mengalami gejala-gejala di atas—apalagi jika gejala sudah berulang selama lebih dari tiga hari. Perawatan dari tenaga medis tetap diperlukan untuk memulihkan kondisi telinga.

Penyumbatan saluran telinga

Dengingan yang Anda dengar bisa jadi karena terjadi penyumbatan pada saluran telinga oleh kotoran. Kotoran telinga pada dasarnya membantu perlambatan pertumbuhan bakteri sehingga telinga tak mudah terinfeksi. Walau begitu, keberadaan kotoran telinga juga harus dipantau. Jika dibiarkan menumpuk, justru akan membuat saluran telinga tersumbat. Akibatnya, bisa terjadi gangguan pendengaran, iritasi, hingga tinnitus.

Kotoran telinga perlu dibersihkan oleh tenaga medis dengan teknik yang khusus. Tidak disarankan untuk membersihkan kotoran menggunakan cotton bud karena justru akan membuat kotoran terdorong semakin dalam dan akan mengganggu kinerja gendang telinga.

Perubahan struktur tulang telinga

Struktur tulang telinga ternyata bisa berubah seiring bertambahnya usia seseorang. Oleh karena itu, kondisi ini biasanya sering dialami para manula. Bagian tulang yang biasanya sering mengalami perubahan struktur, yaitu di bagian tengah telinga (otosklerosis) yang dapat menimbulkan gangguan pendengaran.

Meniere

Penyakit ini merupakan gangguan pendengaran yang disebabkan oleh kelebihan cairan di bagian dalam telinga. Kondisi ini bisa dipicu oleh infeksi virus atau ketika ada gangguan dalam sistem kekebalan tubuh seseorang. Pengidap Meniere biasanya akan merasakan beberapa gejala, seperti telinga berdenging, mendengar suara desisan, vertigo, tekanan pada telinga dalam, dan berkurangnya pendengaran.

Aerosklerosis

Kondisi ini terjadi akibat penumpukan zat atau kelebihan kolesterol di dalam aliran darah yang mengalir di dekat telinga. Kondisi ini membuat elastisitas tulang lunak pada telinga dalam berkurang yang menyebabkannya menjadi kaku.

Neuroma akustik

Kondisi ini merupakan tumor jinak pada saraf kranial yang merupakan saraf yang melintang dari saraf pusat menuju telinga bagian dalam. Saraf kranial ini berfungsi untuk mengontrol pendengaran dan keseimbangan bunyi. Kondisi ini diawali dengan gejala telinga berdenging. Sering kali, penderita juga mendengar suara decak dan desis yang datang-pergi.

Gangguan pada saluran hidung

Seperti diketahui, saluran telinga, hidung, dan tenggorokan saling berhubungan. Oleh karena itu, ada beberapa kondisi gangguan pada telinga disebabkan oleh gangguan pada saluran hidung. Pada umumnya, gangguan ini dialami oleh penderita alergi. Penumpukan lendir hidung menyebabkan pembengkakan pada saluran telinga. Dr Jenny SpTHT dari RS Carolus Serpong menjelaskan, kondisi alergi tak boleh diabaikan. Khususnya alergi yang menyebabkan bersin-bersin sehingga memicu produksi lendir yang berlebihan dan menimbulkan pembengkakan. “Kondisi ini jika dibiarkan akan menutup saluran telinga. Gendang telinga akan tertutup dan akibatnya penderita akan mengalami beberapa gangguan, misalnya telinga berdenging, nyeri pada telinga bagian dalam, sampai penurunan pendengaran.”

Penulis: Krista Rai

Foto: evening_tao/Freepik

Follow Instagram @etalaseserpong