Tidak Sulit Mendidik Anak Agar Selalu Jujur Kepada Orangtua

33

Perkembangan zaman serta kemajuan teknologi pastinya memudahkan kehidupan manusia modern dalam bekerja dan melakukan berbagai aktivitas. Namun, kehidupan yang serba modern ini tak selalu membuahkan dampak yang positif. Kemajuan teknologi membuat anak lebih mudah mengakses berbagai situs terlarang yang berisiko merusak masa depannya.

Mengutip dari washingtonpost.com, cara membimbing anak memang tidak boleh “pakem” dan “terpaku” pada didikan yang itu-itu saja. Sebagai orangtua, kamu wajib mengikuti perkembangan zaman agar hubungan dengan anak tidak keluar dari jalurnya. Mendidik anak agar tumbuh menjadi pribadi yang jujur dan terbuka dengan orangtuanya membutuhkan kedekatan secara batin. Begini tipsnya.

Selalu berikan pengertian

Meskipun setiap anak membutuhkan ruang privasinya sendiri, orangtua tetap harus mengetahui hal-hal yang bersifat penting. Untuk itu berikan pengertian kepada anak secara perlahan kenapa anak wajib berbicara jujur dan apa adanya kepada orangtua. Anak harus tau bahwa kejujurannya kepada orangtua adalah demi keselamatannya sendiri.

Menjadi role model

Anak adalah “miniatur” dari orangtuanya sendiri. Setiap kebiasaan dan sifat orangtua akan ditiru oleh anaknya. Maka, jika kamu ingin anak tumbuh menjadi sosok yang jujur, kamu juga harus menjadi orangtua yang jujur kepada anak. Mereka akan terbiasa dengan sendirinya untuk terbuka dan jujur tanpa paksaan.

Berikan kepercayaan

Mendidik anak secara diktator, keras, dan penuh kekang hanya akan membuat anak semakin enggan untuk jujur kepada orangtuanya. Alangkah baiknya jika kamu melonggarkan aturan dan memberikan kepercayaan kepada anak sesekali contohnya ketika mereka meminta izin untuk main bersama temannya. Dengan begitu, tanpa disuruh pun anak akan jujur kepada orangtua.

Selesaikan dengan kepala dingin

Orangtua saja masih bisa melakukan kesalahan, apalagi anak? Tugas orangtua tidak hanya mendidik tapi juga mengoreksi kesalahan anak tanpa emosi. Jika anak berbuat kesalahan, lebih baik selesaikan dengan kepala dingin dan penuh rasa kekeluargaan agar anak tidak merasa takut. Anak yang berada di bawah tekanan cenderung akan berbohong terus menerus.

 

Penulis: Maria Theresia

Foto ilustrasi: Pixabay/ StockSnap

Follow instagram: @etalaseserpong