Tips Aman Renovasi Rumah di Kompleks Saat Pandemi

38
Mengikuti prokes saat renovasi rumah.

Adanya pandemi sepertinya tidak menyurutkan niat untuk merenovasi rumah. Akan tetapi, demi kebaikan dan kesehatan bersama, ada baiknya pemilik rumah tetap mengindahkan aturan yang berlaku. Khususnya dengan tenaga bangunan yang ikut membantu pengerjaan renovasi.

Sebab tenaga bangunan akan berinteraksi langsung dengan sang pemilik maupun anggota keluarga yang lain. Masih terbilang aman jika anggota keluarga sementara waktu pindah ke rumah lain. Namun perlu dipikirkan juga tetangga yang berada di sekitar rumah. Bisa jadi para pekerja berinteraksi dengan tetangga atau orang yang bekerja pada tetangga.

Baca juga: Adab Merenovasi Rumah

Akibatnya, sangat mungkin terjadi penularan infeksi Covid-19 dan akhirnya menimbulkan klaster baru. Sementara kebutuhan merenovasi tidak dapat ditunda. Sehubungan dengan adanya kebiasaan baru bekerja dan belajar dari rumah saja. Perlu ruang-ruang tambahan untuk menunjang semua itu.

Karenanya butuh titik temu. Mengantisipasi celah penularan dan renovasi dapat diwujudkan secara bersamaan. Sehingga disisi lain, sangat penting mengantongi perencanaan matang. Seperti apa bentuk-bentuk renovasi yang meliputi, berapa lama, kalkulasi biaya. Juga membuat taksiran kondisi yang aman untuk keluarga di rumah.

Izin pada pihak lingkungan

Sebelum benar-benar mulai, ajukan izin pada pihak lingkungan yang berwenang atau satgas covid-19 yang ada di lingkungan tersebut. Termasuk tetangga yang rumahnya berdekatan. Lantaran sejak pandemi datang, tidak sedikit area perumahan yang menolak kunjungan orang luar. Keberadaan tukang bangunan dapat menimbulkan masalah bagi diri sendiri jika tidak diantisipasi sejak awal.

Jika perlu, sertakan informasi yang lengkap. Khususnya tentang data pribadi. Misalnya berapa banyak jumlah tukang bangunan, akan berapa lama dalam sehari ada di kompleks, di mana mereka akan beristirahat, patuh tidaknya pada protokol kesehatan, dan sebagainya. Tak ada salahnya juga menyertakan alasan mengapa sekarang tetap memerlukan renovasi rumah.

Baca juga: Trik Renovasi Rumah Agar Hemat Dan Cepat Beres

Akses terpisah

Buat akses yang benar-benar terpisah antara anggota keluarga dengan tenaga bangunan. Terutama area-area di mana tenaga bangunan tidak boleh masuk. Jadi keberadaan anggota keluarga tetap aman dari kemungkinan terinfeksi. Contohnya pintu keluar masuk khusus. Pisahkan pula peralatan makan dan minum untuk mereka. Serta minta pula untuk tidak berlama-lama berada di dalam rumah andai ada bagian pekerjaan yang bisa dikerjaan secara outdoor.

Tetap menjalankan prokes

Kencangkan terus urusan protokol kesehatan. Walau akhir-akhir ini ada keluhan tentang beratnya beban pekerjaan tenaga bangunan bila harus tetap menggunakan masker, cari jalan keluar yang paling baik. .

Hormati keamanan tetangga

Hormati keamanan dan kesehatan tetangga dari renovasi rumah Anda. Tetangga juga dapat terinfeksi bila tenaga bangunan lengah atau malah abai. Oleh sebab itu, selalu ingatkan agar tidak membuat kerumunan di sekitar area rumah, selalu menggunakan masker, tidak menggunakan properti tetangga sebagai tempat istirahat, dan jenis-jenis proteksi lainnya.

Baca juga: Renovasi Rumah Minimal Untuk Hasil Maksimal

Sesuai jadwal

Penuhi pelaksanaan renovasi rumah sesuai jadwal dan izin yang diajukan. Semata-mata demi kebaikan diri sendiri, anggota keluarga, juga lingkungan terdekat. Semakin cepat selesai akan semakin singkat intensitas pertemuan dengan orang lain. Renovasi selesai, tubuh pun tetap sehat seperti sediakala. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Pexels

Follow Instagram: @etalaseserpong