Tips Mahasiswa Lancar Ujian Selepas Liburan Panjang

364
Ujian selepas masa liburan tak lagi menjadi masalah.

Menjelang akhir tahun bukan berarti bisa selalu santai.

Beberapa institusi menempatkan jadwal ujian tepat di akhir bulan desember atau awal tahun. Keduanya tetap saja bikin khawatir dan gagal menikmati liburan seutuhnya. Rencana pergi dengan teman atau traveling ke negara lain bisa kandas kalau kamu tidak menyiapkan apa-apa untuk menghadapi ujian.

“Aku dari jauh-jauh hari mau enggak mau ya bawa materi belajar waktu liburan. Sudah kuliah begini kan soal ujian sering enggak ketebak. Tapi selama ini sih aku enggak pernah gagal dalam ujian,” kata Yohanes selaku warga di bilangan Gading Serpong sekaligus mahasiswa tingkat akhir di Universitas Multimedia Nusantara (UMN).

Dikutip dari hunimed.eu, persiapan ujian bukanlah hal yang sulit. Seringkali siswa kewalahan menghadapi ujian hanya karena selama masa sekolah atau perkuliahan malah malas dan menunda belajar.

Sementara itu Felix yang juga merupakan mahasiswa tingkat akhir di UMN mengakui bahwa dirinya kerap mengalami kesulitan apabila ujian berlangsung setelah liburan akhir tahun yang cukup panjang. “Liburan akhir tahun itu kan benar-benar momen kumpul bersama keluarga besar. Apalagi kalau kebetulan ikut merayakan Natal ya jadi hampir satu bulan liburannya,” ujarnya mengakhiri percakapan.

Berikut ini tips dan trik untuk menghadapi ujian akhir semester lancar jaya tanpa hambatan.

Notes

Dengarkan setiap penjelasan dosen di dalam kelas. Tulislah poin penting yang sedang dibahas ke dalam catatan kecil. Dengan begitu kamu bisa bisa membawa catatan tersebut dan belajar di mana pun kamu berada. Psttt… Biasanya yang dijadikan bahan ujian adalah semua yang dibahas secara lisan oleh dosen lho.

Meja Belajar Rapi

Terdengar tidak masuk akal tetapi ternyata meja belajar yang bersih dan rapi bisa meningkatkan motivasi belajar. Jika sampah dibiarkan menumpuk dan buku-buku terletak tidak beraturan di atas meja, secara tidak langsung kamu akan menghindari tempat tersebut. Kamu juga bisa membuat spot belajar sendiri dengan dekorasi yang lucu. Semangat belajar pun meningkat pesat.

Latihan

Jangan pernah malas untuk latihan. Terutama untuk mata kuliah yang mengharuskan kamu menghitung seperti statitiska. Kalau bisa usahakan untuk menghafal setiap rumus yang ada agar saat ujian nanti kamu merasa percaya diri. Dengan berlatih setiap hari, semua materi pelajaran akan kamu kuasai di luar kepala.

Kelompok Belajar

Membuat “geng” bermain memang bisa mengasah jiwa sosialmu. Tetapi kamu juga perlu membuat kelompok belajar sehingga secara rutin melakukan kegiatan diskusi dan bertukar pikiran dengan banyak orang. Saling mengajari satu sama lain dengan teman juga dinilai lebih efektif. Cara belajar seperti ini sangat baik untuk perkembangan otak karena kamu akan terbiasa berpikir kritis dan memahami sebuah kasus dari berbagai macam sudut pandang.

 

Penulis: Maria Theresia

Cover: Pixabay.com/F1Digitals

Follow Instagram @etalaseserpong