Tips Memilih Salon Kecantikan

114

Mencari salon kecantikan yang sesuai dengan harapan kita sangatlah sulit. Misalnya, untuk potong rambut, sebaiknya Anda tak coba-coba salon yang belum Anda ketahui reputasinya. Salah potong rambut bisa-bisa Anda bad mood sampai berbulan-bulan!

Oleh karena itu, pencarian akan salon yang sesuai dengan style kita seakan tak pernah berakhir. Nah, berikut kami paparkan beberapa tips untuk mencari salon yang nantinya bisa Anda jadikan andalan tiap Anda membutuhkan perawatan kecantikan.

Cek reputasi

Sebaiknya Anda memilih salon dari rekomendasi orang terdekat. Beberapa salon mendapatkan pelanggan sejatinya dari mulut ke mulut. Jika Anda tidak berhasil mendapatkan rekomendasi dari orang terdekat, Anda bisa mencarinya di internet dan memilih salon dengan rating yang tinggi.

Namun, yang perlu Anda ketahui, pengalaman masing-masing orang bisa berbeda. Jadi, Anda hanya bisa menjadikan rekomendasi tersebut sebagai masukan, bukan penilaian objektif.

Maya, warga Puspiptek, termasuk yang memilih salon dari rekomendasi teman-temannya. “Saya sempat ganti-ganti salon karena belum dapat yang sreg. Akhirnya, saya tanya ke teman yang kebetulan punya langganan salon. Setelah coba beberapa kali ke sana, saya ternyata cocok juga. Sudah 5 tahun saya langganan sama salon itu dan selalu puas sama pelayanan mereka,” tambahnya.

Perhatikan kebersihan salon

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan saat masuk ke salon baru, yaitu kebersihannya. Salon yang berkualitas tinggi akan sangat mengedepankan higienitas. Mulai dari perabotan, peralatan cuci rambut, dan lain sebagainya. Kebersihan ini juga menjadi indicator bahwa pengelola salon selalu berusaha untuk membuat pelanggannya merasa sangat nyaman selama berada di sana.

Memiliki stylist yang profesional

Ketika Anda mencari salon yang sesuai dengan harapan Anda, carilah yang memiliki stylist yang memang profesional. Lebih baik lagi jika Anda bisa menemukan stylist yang sesuai dengan gaya Anda. Susuri salon-salon yang menawarkan profesionalitas dan Anda bisa mulai “shopping stylist” sampai mendapatkan yang cocok dengan gaya Anda.

Mulai dari perawatan sederhana

Agar Anda tidak kecewa di awal, lakukan uji coba dengan melakukan perawatan sederhana, misalnya creambath. Dengan creambath, Anda bisa menilai dari sisi produk, kualitas pijatan pada pundak dan kepala, serta durasi perawatan. Hindari melakukan perawatan yang akan memberikan perubahan ekstrem pada penampilan, misalnya potong rambut, mengecat rambut, atau melakukan smoothing.

Nana, pemilik salon rumahan di daerah Regency Melati Mas, punya cara jitu untuk menggaet pelanggan baru. “Kalau yang baru pertama kali datang biasanya tanya-tanya ke saya tentang perawatan di salon. Saya sarankan untuk coba creambath atau hair spa dulu. Nanti saya akan cocokkan dengan ekspektasi dia, misalnya dia suka pijatan yang keras, lembut, atau yang bagaimana. Setelah semua proses selesai, saya akan tanya tentang pengalamannya hari itu untuk jadi masukan saya di kemudian hari kalau dia kembali ke salon saya. Dulu ada yang bilang kalau pijatan saya terlalu keras sampai beberapa badannya sakit. Ketika dia kembali ke salon saya, saya kasih free foot massage sebagai kompensasi,” ujarnya panjang-lebar

Kenali produk yang digunakan

Salon yang menggunakan produk berkualitas pasti akan menghasilkan perawatan yang maksimal. Tak perlu produk mahal ratusan ribu, asal produk tersebut sudah lulus BPOM. Kenali dan cari tahu lebih banyak perihal produk yang mereka gunakan beserta manfaatnya.

Selamat hunting salon!

Penulis: Krista Rai

Foto: Freepik

Follow Instagram @etalaseserpong