Tips Terhindar dari Huru-Hara Virus Saat Travelling

37
Travelling saat pandemi harus tetap waspada.

Pergi traveling ke luar negeri sudah menjadi kebutuhan masyarakat kekinian. Rasanya kurang afdol jika waktu liburan hanya digunakan untuk leha-leha di rumah. Tetapi sebelum memutuskan untuk pergi, banyak hal yang perlu disiapkan. Dari mulai membeli tiket, memesan hotel, hingga mempelajari seluk beluk negara yang ingin kamu tuju.

Kamu juga tidak boleh menutup mata terhadap masalah yang sedang menggemparkan dunia saat ini. Rantai penyebaran virus corona yang belum berakhir sangat beresiko bagi kamu yang ingin travelling. Mengingat Indonesia yang baru saja memasuki masa New Normal, masyarakat perlu beradaptasi dan menyiapkan diri baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

“Sangat merepotkan ya pandemi ini. Kita enggak bisa keluar rumah dengan sembarangan. Mereka yang terpaksa harus keluar rumah untuk bekerja atau ke luar negeri harus siap-siap secara ekstra. Virus corona kan juga baru bisa ketahuan saat sudah melewati dua minggu. Mengerikan.” Ujar Fifi selaku warga Gading Serpong.

Mengutip dari AARP, kamu tetap bisa traveling dengan aman dan nyaman tanpa khawatir terjangkit virus selama persiapannya sudah matang. Persediaan obat-obatan pribadi adalah kewajiban yang hakiki lho. Kamu juga diharapkan menggunakan masker selama jalan-jalan di luar ruangan. Yuk simak tips berikut ini.

Persediaan Obat

Pelajari seluk beluk negara yang ingin dituju hingga ke akarnya. Selain menyusun jadwal kunjungan destinasi wisata, kamu juga perlu mencari informasi penyakit domestik apa yang pernah menjadi wabah di sana. Dengan begitu kamu bisa menyiapkan obat pencegah sekaligus persediaan pertolongan pertama sebelum berangkat.

Check up rutin

Virus hanya bisa menyerang dan bertahan hidup di dalam tubuh yang kondisi imunitasnya sedang dalam titik rendah. Maka pastikan dirimu sehat terlebih dahulu sebelum akhirnya memutuskan untuk traveling. Melakukan check up lengkap secara rutin sangat dianjurkan. Jangan memaksakan untuk pergi jika kondisi tubuh sedang lemah sekali pun hanya karena penyakit ringan.

Selalu sedia masker cadangan

Kamu wajib stock masker untuk pencegahan awal. Virus dengan bebas bertebaran di udara dan mudah masuk ke dalam tubuh melalui saluran pernapasan. Untuk itu gunakan masker terutama ketika kamu sedang berada di tengah keramaian kota. Ganti masker secara berkala ketika sudah berada di luar ruangan selama kurang lebih 12 jam.

Higienis dan steril sepanjang waktu

Siapkan cairan pembersih tangan antiseptik yang mengandung alkohol. Virus dengan mudah mati karena kontak langsung dengan kandungan alkohol dan paparan suhu panas. Kamu juga bisa menggunakan tisu basah berbahan dasar alkohol. Jangan lupa untuk selalu mandi sehabis berada di luar ruangan dan bertemu dengan banyak orang.

 

Penulis: Maria Theresia

Foto ilustrasi: Pixabay.com/Engin_Akyurt

Follow Instagram @etalaseserpong