Tradisi Perayaan Natal di Tiap Negara

33
Perayaan Natal menjadi momen hangat keluarga.

Selamat Hari Natal 2021 ETALASER! Waktu begitu cepat berlalu hingga tak terasa kini kita sudah berada di penghujung tahun. Tentunya momen perayaan Natal selalu dilewati bersama dengan orang-orang tercinta. Ada berbagai tradisi yang biasa dilakukan untuk mengisi hari Natal seperti acara makan bersama, tukar kado, dan beribadah bersama.

Tahu kah kamu? Ternyata tradisi Natal berbeda-beda di tiap negara. Perbedaan ini dipengaruhi oleh latar belakang agama serta tradisi yang melekat di negara tersebut. Mengutip dari insider, meskipun perayaan Natal di tiap negara terlihat berbeda, tetapi poin pentingnya tetap terletak pada rasa kekeluargaan yang kental.

Amerika

Tradisi Natal di Amerika diisi dengan momen menikmati Christmas Evebersama keluarga. Biasanya sejak jauh hari mereka menghias seluruh rumah agar momen Natal semakin terasa. Tepat semalam sebelum Natal, mereka akan berkumpul dengan keluarga dan kerabat dekat untuk menyantap jamuan malam kemudian mereka akan bertukar kado di depan pohon Natal.

Cina

Jika biasanya setiap rumah dihias dengan pohon Natal dan berbagai ornamen seperti buah pine, hiasan berbentuk salju, dan lampu kerlap-kerlip, berbeda dengan negara Cina yang memilih menghias rumah dengan berbagai jenis lentera dari kertas. Para orangtua di Cina juga akan memberikan anak-anak mereka baju baru untuk merayakan hari Natal.

Irak

Umat Kristiani di Irak merayakan Natal dengan berkumpul bersama keluarga untuk bergantengan tangan sambil menyalakan lilin. Kegiatan tersebut biasanya berlangsung pada malam sebelum Natal. Kemudian orangtua akan menceritakan kisah bagaimana Yesus lahir ke dunia.

Jepang

Jepang memiliki cara yang unik untuk merayakan Natal. Sajian berupa ayam Kentucky Fried Chicken(KFC) menjadi menu penting dalam perayaan Natal. Semua bermula sejak tahun 1970-an ketika iklan KFC mengatakan bahwa orang Amerika biasa menyantap ayam KFC untuk perayaan Natal. Semenjak itu masyarakat Jepang menjadikan ayam KFC sebagai salah satu tradisi merayakan hari Natal.

Betlehem

Betlehem tentunya akan merayakan hari Natal dengan meriah. Bagaimana tidak? Betlehem merupakan negara tempat Yesus lahir. Seluruh penjuru kota akan dihias dengan berbagai hiasan Natal. Selain itu warga lokal akan mengadakan upacara tahunan seperti opera dan arak-arakan di jalan raya. Seluruh umat Kristiani akan memberikan tanda silang di pintu rumah mereka.

Indonesia

Tradisi perayaan Natal di Indonesia banyak mengadopsi tradisi dari negara lain. Biasanya di malam Natal, keluarga Indonesia akan berkumpul untuk mengadakan pesta kecil. Tradisi tukar kado juga bukan sesuatu yang asing di Indonesia. Umat Kristiani di Indonesia juga akan mengadakan acara tukar kado bersama orang-orang terdekat.

 

Penulis: Maria Theresia

Foto ilustrasi: Pixabay/ JillWellington

Follow Instagram: @etalaseserpong