Waspada Berbagai Jenis Keputihan Pada Miss V

65
Mengenal jenis keputihan pada miss V.

Keputihan memang masalah yang umum dialami oleh semua perempuan. Keputihan bisa menjadi sesuatu yang wajar dan bermanfaat jika berwarna bening atau putih, bertekstur menyerupai lendir, dan tidak berbau. Namun, keputihan juga bisa mengindikasi adanya penyakit di dalam organ intim perempuan jika mengeluarkan bau tak sedap. 

Seperti yang dikutip dari webmd.com, keputihan terbagi ke beberapa tipe dilihat dari warna dan baunya. Tentu saja perbedaan tipe ini juga memiliki arti tersendiri. Jika keputihan sudah menyebabkan efek gatal dan iritasi di area kulit selangkangan, sebaiknya segera diperiksa ke dokter. Masalah keputihan yang dibiarkan begitu saja dapat menyebabkan infeksi pada vagina.

Berwarna bening dan tidak berbau

Keputihan normalnya memang berwarna bening dan tidak berbau. Biasanya teksturnya menyerupai lendir. Fungsi utama keputihan sebenarnya untuk membersihkan dari bakteri dan menjaga PH di dalam vagina agar tetap stabil.

Berwarna coklat

Jika keputihan mulai berubah warna menjadi coklat tetapi tidak berbau, bisa jadi siklus menstruasimu sedang kacau. Hal ini biasa disebabkan oleh naik turunnya berat badan secara drastis atau pikiran yang terlalu stres. Namun, jika menimbulkan rasa sakit di sekitar perut bagian bawah, bisa jadi keputihan berwarna coklat menindikasi gejala kanker endometrium.

Berwarna putih dan bertekstur seperti keju

Keputihan yang berwarna putih tetapi memiliki tekstur seperti keju mengindikasikan bahwa kamu kurang menjaga kebersihan. Perhatikan lagi cara membersihkan area intim dengan benar dan rutin mengganti celana dalam secara berkala.

Berwarna kuning dan berbau busuk

Keputihan berwarna kuning dan berbau busuk biasanya dibarengi dengan sensasi gatal atau terbakar. Tipe keputihan seperti ini perlu diwaspadai karena mengindikasikan kemungkinan terjadinya infeksi pada vagina. 

Berwarna merah muda

Jangan buru-buru panik ketika kamu mengalami keputihan berwarna merah muda. Tipe ini merupakan tanda awal atau berakhirnya menstruasi. Keputihan bisa menjadi warna pink akibat tercampur oleh sedikit darah menstruasi yang luruh. 

Berwarna abu-abu

Keputihan berwarna abu-abu sudah dapat dipastikan mengindikasi infeksi di dalam vagina. Biasanya hal tersebut merupakan pertanda dari bacterial vaginosis atau BV. Bacterial vaginosis disebabkan oleh terganggunya keseimbangan bakteri alami di dalam vagina karena meningkatkan jumlah bakteri jahat.

 

Penulis: Maria Theresia

Foto ilustrasi: Pixabay/ silviarita

Follow instagram: @etalaseserpong