Waspada Lupus Si Penyakit Seribu Wajah

74
Ikuti pola hidup sehat sejak muda agar terhindar dari berbagai penyakit.

Penyakit lupus masih asing terdengar di telinga masyarakat. Alasannya tak lain karena belum banyak penyuluhan tentang penyakit ini. Lupus merupakan penyakit di mana kondisi tubuh seseorang mengalami autoimun. Pada penderita lupus, sistem kekebalan tubuh tidak bisa membedakan antara sel asing atau sel tubuh sendiri. Hal ini yang menyebabkan imun akan menyerang dan menggerogoti tubuh. Cerdiknya, lupus bisa dengan mudah menyerupai gejala penyakit lain sehingga disebut-sebut sebagai penyakit seribu wajah karena sulit terdeteksi sejak dini.

“Dari muda memang harus menjaga kesehatan ya jangan tunggu sampai usia lanjut. Yang namanya manusia kan tidak ada yang tahu seberapa kuat daya tahan tubuh akan melindungi diri dari berbagai penyakit. Banyak sekali penyakit yang juga bisa diturunkan ke anak-anak. Lebih baik menjalani pola hidup sehat untuk mencegah timbulnya berbagai penyakit,” ujar Nia selaku warga Gading Serpong.

Mengutip dari mayoclinic.com, beberapa orang dilahirkan dengan kondisi genetik pemicu penyakit lupus. Bisa disebabkan oleh infeksi, atau konsumsi obat-obatan tertentu secara rutin. Gejala yang ditunjukkan bisa berupa penyakit ringan seperti flu dan demam. Simak fakta-fakta berikut ini.

 Penderita menunjukkan gejala yang berbeda

Jika penyakit lain bisa terdeteksi melalui beberapa gejala yang sudah valid, berbeda dengan lupus. Kesulitan dokter untuk mendeteksi dini penyakit ini didasari oleh gejala yang ditunjukkan berbeda-beda. Ada yang hanya berupa demam biasa, ada juga yang sampai terkena penyakit paru-paru.

Belum ada obat yang paling manjur

Sayangnya sampai hari ini belum ada obat penawar penyakit lupus. Biasanya penderita mengkonsumsi beberapa jenis obat seperti steroid dalam jumlah yang telah ditentukan oleh dokter. Namun, perlu diketahui, penggunaan steroid dalam jangka panjang malah akan menimbulkan penyakit lain.

 Dilarang terkena sinar matahari secara langsung

Penderita lupus sama sekali tidak boleh terpapar sinar matahari karena kulitnya sensitif terhadap sinar UV. Lupus mampu membuat jaringan kulit penderita terbakar ketika sinar UV masuk ke dalam pori-pori. Sistem imun tidak lagi bisa melindungi tubuh dari sel-sel asing yang berbahaya.

 Menimbulkan berbagai komplikasi

Jika dibiarkan begitu saja, penyakit lupus bisa menimbulkan berbagai komplikasi seperti kerusakan ginjal, kerusakan paru-paru, gangguan pada jantung dan kematian jaringan tulang. Untuk itu, jika kamu terus menerus menunjukkan gejala sakit ringan secara rutin, cepat lah periksa ke dokter untuk pencegahan dini.

Penulis: Maria Theresia

Foto ilustrasi: Pixabay.com/sasint

Follow Instagram @etalaseserpong