Waspada Penyakit Mengintai Akibat Olahraga Berlebihan

48
Berbagai penyakit mengintai ketika berlebihan berolahraga.

Olahraga memberikan segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Meskipun kamu jarang konsumsi makanan berlemak dan siap saji, bukan berarti tidak ada lemak jahat di dalam tubuhmu. Kamu tetap memerlukan olahraga untuk menjaga kesehatan tulang dan menjaga massa otot agar tetap ideal guna menopang tubuh. Olahraga harus dibarengi dengan pola diet yang sehat. Sebelum mulai olahraga pun kamu wajib rutin medical checkup agar mengetahui olahraga apa yang paling cocok untuk tubuhmu.

Mengutip dari medicalnewstoday.com, tidak semua orang cocok dengan olahraga tertentu. Karena adanya bawaan penyakit, kamu bisa saja tidak cocok olahraga berat. Akibatnya kamu sering merasa sakit kepala setelah selesai berolahraga. Gaya hidup sehari-hari juga menentukan kekuatan tubuh. Apa saja penyebab pusing setelah selesai olahraga?

Terlalu berlebihan

Semua hal yang dilakukan secara berlebihan akan berakhir buruk. Tak terkecuali olahraga. Tubuh memang membutuhkan olahraga agar racun dan lemak berlebihan yang menumpuk di dalam tubuh keluar bersama dengan keringat. Tetapi jika kamu melakukannya secara berlebihan, tubuh bisa kehilangan cairan elektrolit dalam tubuh terlalu banyak sehingga menyebabkan sakit kepala sesaat.

Dehidrasi

Pastikan kadar air di dalam tubuhmu cukup sebelum olahraga. Setiap hari kamu wajib minum air sebanyak kurang lebih delapan gelas per hari. Karena olahraga akan membuat tubuhmu mengeluarkan banyak cairan, kamu juga harus segera menggantinya dengan minum air di sela-sela sesi olahraga. Jika tubuh kekurangan cairan, kamu akan mengalami gejala dehidrasi dengan merasakan sakit kepala setelah olahraga.

Darah rendah

Menjadi penderita darah rendah memang serba salah. Di satu sisi tubuhmu membutuhkan olahraga, tetapi terlalu memaksa tubuh untuk bergerak memang tidak cocok untuk penderita darah rendah. Gejala yang ditimbulkan umumnya berupa pusing hingga pingsan. Tetapi tenang saja, kamu tetap bisa berolahraga dengan mengonsumsi makanan tinggi protein dan serat. Jangan lupa untuk minum suplemen penambah HB jika memang diperlukan.

Penyakit jantung

Salah satu penyakit yang jarang terdeteksi dini adalah lemah jantung. Penyakit ini bisa disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat atau turun temurun secara genetik. Penderita umumnya baru mengetahui bahwa dirinya mengidap lemah jantung setelah mengalami serangan pertama. Jika kamu sering mengalami sakit kepala setelah olahraga, sebaiknya segera periksa agar mendapatkan penanganan lebih cepat.

 

Penulis: Maria Theresia

Foto Ilustrasi: Pixabay/ StockSnap

Follow Instagram: @etalaseserpong