Waspada Terhadap Mereka yang Pura-Pura Baik di Depanmu

76
Jangan sampai kamu dimanfaatkan oleh orang lain.

Nasihat dari orangtua yang cukup terkenal salah satunya adalah “Jika kamu ingin diperlakukan baik, maka perlakukan lah orang lain sebaik mungkin. Caramu bersikap, itu lah yang akan kamu dapatkan dari orang lain,” Orangtua pastinya akan mengajari anaknya untuk selalu bersikap baik sepanjang waktu.  Namun, bagaimana jika sebenarnya ada segelintir orang yang ingin memanfaatkan dirimu dengan berpura-pura baik?

Mengutip dari lifehacks.io, seiring perkembangan zaman yang semakin modern, bertahan hidup pun rasanya semakin sulit. Maka tak heran banyak orang-orang yang menjadi “penjilat” untuk meraih sesuatu. Orang tersebut bisa jadi ada di lingkungan pekerjaanmu atau bahkan anggota keluarga sendiri! Wah, kamu harus mulai waspada nih. Karena sejatinya orang-orang yang pura-pura baik akan sangat merugikan dirimu di kemudian hari. Bagaimana ciri-cirinya? Simak ulasan berikut ini.

Harus selalu diperhatikan

Seseorang yang benar-benar baik dan rendah hati tidak mungkin mengemis perhatian kepada orang banyak. Berbeda dengan mereka yang memang sedang pura-pura baik alias bermuka dua. Mereka hanya akan baik ketika meminta sesuatu atau perhatian kepada orang lain. Selebihnya? Kembali cuek tuh.

Hobi bergosip dengan banyak orang

Tidak baik untuk membicarakan aib teman kepada orang lain. Selain membuat seseorang dikucilkan tanpa sebab, kamu juga bisa dicap sebagai biang gosip. Kalau sudah begitu, akan susah deh mempertahankan reputasi baik di lingkungan pekerjaan. Hindari teman yang senang bergosip karena mereka menjatuhkan orang lain hanya untuk diakui oleh  lingkungan sekitarnya.

Selalu ingkar janji

Wah susah deh kalau temenan sama orang yang enggak bisa pegang janji. Rugi! Mereka yang pura-pura baik jelas terlihat dari caranya berkomitmen. Mereka tidak akan bisa menepati janjinya karena dianggap tidak penting dan tidak akan memberikan keuntungan bagi dirinya sendiri. Kamu juga akan ditinggalkan begitu saja ketika mereka sudah mendapatkan keinginannya.

Berteman sesuai kebutuhan

Cara terakhir untuk mengetahui apakah ada orang yang pura-pura baik kepadamu adalah dengan memperhatikan lingkungan pertemanannya. Apakah dia hanya baik kepada orang-orang penting atau ke semua temannya? Karena si penjilat ini pada dasarnya tidak suka bersosialisasi dengan banyak orang kecuali menguntungkan bagi dirinya sendiri.

 

Penulis: Maria Theresia

Foto ilustrasi: Pixabay.com/Sammy-Williams

Follow Instagram @etalaseserpong