Yang Bisa Dihemat Saat Menikah Pada Masa Pandemi

46
Menikah di masa pandemi bisa menghemat banyak biaya.

Banyak yang mengatakan menikah saat pandemi kurang bisa maksimal. Lantaran ada banyak batasan. Tapi ingat, menikah di masa pandemi juga bisa sangat berhemat.

Bahkan beberapa biaya dapat dipotong atau tidak perlu diadakan sama sekali. Apalagi jika bukan terkait adanya larangan kerumunan. Sehingga mau tak mau, jumlah orang yang hadir selama rangkaian acara pernikahan harus dihitung sedemikian rupa. Plus acara tidak boleh berlangsung lama.

Baca juga: Mempersiapkan Acara Pernikahan Dalam Waktu Terbatas

Hingga akhirnya berimbas pada kalkulasi biaya. Semakin sedikit orang yang hadir, semakin sedikit pula biaya yang dibutuhkan. Tapi kembali lagi bagaimana konsep pernikahan yang diusung. Sebab meski kadang tergolong acara minimalis, tetap saja menyedot anggaran besar bila mayoritas brand-brand mahal yang meramaikan.

Katering

Pastinya akan sangat berpengaruh pada biaya katering. Pengantin dan keluarga hanya perlu menyediakan jumlah menu sesuai jumlah tamu yang diundang saja. Atau yang sudah melakukan konfirmasi. Keterbatasan jumlah orang memiliki dampak positif bagi ketersediaan katering yang ekonomis.

Suvenir

Begitu pula dengan suvenir atau cinderamata. Dapat dihemat dan biaya pernikahan jadi lebih ringan. Sebagian pasangan bahkan memutuskan tidak menghadirkan oleh-oleh bagi yang datang. Sebab masa pandemi banyak resepsi yang hanya dihadiri oleh kalangan keluarga sendiri.

Dekorasi

Begitu pula dengan biaya dekorasi. Acara yang terbatas dan singkat saja cenderung membuat orang membuat acara yang sederhana. Berimbas juga pada dekorasinya. Tak ayal, kemeriahan pernikahan dibalut dalam nuansa yang simple. Ongkos untuk menghias dapat dipangkas.

Baca juga: Memilih Riasan Tepat Untuk Hari Istimewa

Seragam keluarga

Bukan rahasia lagi jika selama ini biaya pengadaan seragam untuk panitia dari keluarga sangat besar. Belum lagi ditambah untuk seragam bridesmaid dan bagian lainnya. Dengan adanya pandemi yang membatasi kehadiran dapat dimanfaatkan sebagai upaya penghematan. Seragam cukup untuk yang terlibat saja dan tak perlu berlebih-lebihan.

Biaya WO

Couple decision for wedding planner

Tak masalah jika tetap menggunakan jasa wedding organizer (WO). Namun tetap pilah untuk mendapatkan harga terbaik. Sebab banyak jasa WO yang sekarang menawarkan harga promo plus berbagai bonus. Ekonomis tapi layanan tetap berkualitas.

Jasa make up

Pasangan dan keluarga juga bisa irit di urusan make up. Karena faktor keterbatasan jumlah orang tadi. Riasan wajah hanya dibutuhkan untuk pengantin dan orang-orang tertentu dalam acara saja. Tanpa perlu harus menebus dengan biaya jumbo bila melibatkan banyak orang yang harus di make over.

Jasa fotografer

Tidak ketinggalan jasa fotografer. Layanan dari mereka kini banyak yang dibanderol dengan harga miring. Sebagai mekanisme pertahanan usaha yang dapat dimanfaatkan untuk penghematan biaya nikah. Apalagi bila acara berlangsung secara singkat dan padat, tanpa dibarengi permintaan yang memberatkan untuk menghasilkan foto dan video yang terbaik. Sangat mudah bagi fotografer memberikan harga rendah.

Baca juga: Tips Bermanfaat Seputar Persiapan Pernikahan

Sewa tempat

Biaya sewa tempat yang biasanya juga tergolong bombastis, kini dapat dibabat habis. Terlebih saat ini kecenderungan mengadakan resepsi bertema outdoor lebih diminati. Jauh lebih murah tapi tetap khidmat. Dibanding menggunakan ruangan hanya untuk beberapa jam saja tapi terkena biaya sewa sehari penuh. (LAF)

 

 

Foto ilustrasi: Pexels, Freepik

Follow instagram: @etalaseserpong