Yang Dibutuhkan Dari Admin Akun Bisnis

28

Bekerja sebagai admin akun bisnis di media sosial sekarang sudah banyak dilakukan. Terlihat santai dan ringan, namun sesungguhnya tidak semudah yang terlihat. Dibutuhkan banyak kemampuan khusus supaya bisa menjadi admin yang andal.

Karena admin yang memegang akun jualan sama saja menjadi penghubung langsung antara perusahaan dengan konsumen. Garda paling depan yang langsung menawarkan produk sekaligus menjadi pihak yang dituju apabila ada konsumen yang membutuhkan. Jadi, tak cukup hanya disebut sebagai operator. Posisi ini sangat menentukan baik buruknya citra perusahaan di mata pasar.

Baca juga: Kerja Kantor Sambil Jualan Online Itu Ada Etikanya

Maka seorang admin yang memegang akun jualan wajib lebih tahu dari sekadar mengoperasionalkan media sosial dan mengunggah konten. Dari dalamnya perusahaan, seluk beluk ilmu melayani pembeli, dan sebagainya. Serta harus selalu menjalankan prinsip profesional. Meski menjalani profesi ini kerap dilakukan dari mana saja, juga tak jarang sambil melakoni agenda lainnya.

Menjaga branding perusahaan

Sangat penting bagi operator akun media menjaga branding perusahaan yang sudah dibangun. Tujuannya agar senantiasa selalu selaras dan berkesinambungan antara apa yang dikejar oleh perusahaan dengan yang termuat di akun. Selain itu, admin mampu mentransfer ide-ide dari perusahaan ke dalam kata-kata dan gambar yang diunggah, tetap dalam koridornya. Tidak melenceng atau malah berbanding 180 derajat dengan citra perusahaan.

Bisa bekerja dalam tim

Pada dasarnya, admin akun jualan tidak bekerja sendiri. Ia terikat dalam sebuah tim.

Kepanjangan tangan dari tim produksi dan marketing, lalu menyambungkan informasi ke konsumen, dan mengembalikan lagi ke tim dapur perusahaan.

Semacam lingkaran yang tiada putusnya. Sekali ada yang terlewat dari tim dalam atau pembeli, masalah bakal segera menghampiri.

Baca juga: Membuat Konten IG Menarik Untuk Berjualan

Paham tentang produk yang dijual

Paham tentang produk yang dijual adalah sebuah keharusan. Mulai dari bahan utama, bahan tambahan, harga dan potongan diskon, variasi produk, dan yang menyangkut produk secara keseluruhan. Berbekal pemahaman ini, admin akan mudah menjelaskan dan mendeskripsikan mengenai produk dengan baik.

Kreatif

Kemampuan kreativitas sangat dibutuhkan oleh admin. Di sela-sela rutin memuat konten gambar produk, admin juga perlu memikirkan konten lain yang sekiranya bakal menarik minat pengguna media sosial. Contohnya resep makanan yang bisa dicoba di rumah dengan menggunakan produk yang dijual, info tentang kesehatan, dan sebagainya.

Cepat tanggap dan responsif

Cepat tanggap dan responsif adalah kapasitas wajib lainnya.

Jika sekiranya ada keluhan atau pertanyaan dari pembeli masih dalam jam kerja, maka jawaban harus segera diberi.

Tak bisa ditunda. Andai suatu saat perlu mengambil keputusan segera mengingat ada kondisi darurat, admin juga harus pandai mengambil keputusan yang tepat.

Baca juga: Untung Rugi Berjualan Di Marketplace

Supel

Jalin komunikasi yang bersahabat dan cair dengan konsumen. Contohnya menggunakan bahasa gaul untuk kalangan milenial atau kata-kata yang lebih serius untuk pembeli golongan senior. Namun tetap bernada sopan dan santun.

Bila mendapati kritik atau kemarahan, maka admin juga mesti lihai memainkan kata-kata. Bersifat menenangkan dan membuat konsumen merasa didengar. Bukan menciptakan kesan diabaikan atau tak dihargai. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Pexels, Freepik

Follow instagram: @etalaseserpong