Yang Membuat Ikan Cupang Nge-Hits

36
Mendalami karakter ikan cupang yang sedang hits.

Ikan cupang sedang jadi primadona. Laris manis dan diburu oleh banyak kolektor justru saat pandemi tengah berjalan. Akan tetapi, apa sebenarnya membuat ikan cupang begitu nge-hits sekarang?

Menurut para pedagang, ikan cupang (Betta SP) memang sudah lama diminati. Namun penjualan yang semakin meningkat di era pandemi kemungkinan dilatarbelakangi oleh fungsi ikan cupang sebagai hiburan. Pelampiasan atas rasa bosan dan jenuh selama di rumah saja. Rata-rata para pedagang sendiri mengaku mampu meraup puluhan hingga ratusan juta setiap bulan.

Baca juga: Deretan Tanaman Hias Yang Booming Di 2020

Di samping itu, masih ada beberapa faktor yang menjadikan ikan cupang tenar. Yakni berkaitan langsung dengan kondisi ikan cupang itu sendiri, maupun faktor eksternal atau di luar dirinya.

Yang pasti, tak ada salahnya menelisik lebih jauh mengapa ikan cupang begitu menarik dan menjadi bintang layaknya selebriti. Siapa tahu bisa menjadi bahan acuan bagi Anda yang ingin ikut mengoleksi atau malah tertarik mengembangbiakkan secara profesional.

Fisiknya yang cantik

Mungkin salah satunya karena fisiknya yang cantik. Begitu terlihat langsung mempesona setiap mata yang menatap. Ukurannya mungil, tapi bagian sirip dan ekornya tampak dominan. Tak ada jarak sirip bawah dan ekor (caudal) ataupun pada sirip-sirip punggung (dorsal). Terbentang bebas, terbuka sempurna, lebat, hampir menyatu, dan seolah menjadi daya tarik kuat. Sekilas seperti sayap yang membentang.

Warnanya sendiri amat beragam. Rata-rata merupakan perpaduan antara merah, biru, kuning keemasan, hitam, dan abu-abu. Tapi ada yang terdiri satu warna saja.

Jenisnya beragam

Cupang umumnya dibagi menjadi tiga golongan. Di antaranya ada cupang hias, cupang aduan, dan cupang liar. Meski saat ini banyak yang dihasilkan dari kawin silang. Guna sengaja menemukan bentuk fisik yang ciamik.

Sekalipun demikian, sifat ikan cupang pada dasarnya agresif. Tak perduli jenis apa yang melekat. Mereka akan cenderung meyerang dan mempertahankan wilayah tinggal bila merasa terganggu. Jadi, lebih baik, beri privasi dengan ruangan yang cukup luas bila ingin mengasuh mereka di rumah.

Baca juga: Aturan Tak Tertulis Saat Memelihara Hewan

Mudah dirawat

Kemungkinan lain mengapa ikan cupang jadi nge-hits dipicu oleh perawatannya yang mudah. Pakannya pun tak terbilang susah. Asal seimbang memberi pakan alami dan buatan, air dan udara bersih, tidak ada predator semacam ikan yang lebih besar, dijamin ikan cupang bakal berumur panjang.

Harga jual tinggi

Harga jual tinggi juga ikut menyumbang probabilitas ketenaran ikan cupang. Saat ini, cupang aduan berjenis plakat bisa dibanderol antara 50 ribu hingga 2 juta. Tergantung dari keindahan warna, sempurna tidaknya bagian sirip dan ekor, serta pernah tidaknya memenangkan sebuah kontes misalnya. Kesempatan bagi yang ingin merawat tapi ingin tetap untung nantinya.

Baca juga: Inilah Yang Bisa Dipelajari Anak Dari Hewan Peliharaan

Sudah ada komunitas dan kontes

Dan yang tak ketinggalan yakni sudah ada komunitas pencinta ikan cupang dan kontes. Tak ubahnya seperti kompetisi keelokan binatang-binatang peliharaan lainnya. Di mana ikan cupang akan dinilai dari segi fisik, jenis, kesehatan, dan unsur lainnya. Pastinya dengan sudah ada wadah yang terbentuk, mudah didapat, mudah dirawat, ikan cupang jadi bertambah dekat bagi banyak peminat. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Pexels, Freepik

Follow instagram: @etalasesepong