Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Menyewa Jasa Endorse

163
Jangan asal terjun ke kontrak endorse.

Jasa endorse atau dikenal pula dengan endorsement semakin sering digunakan para pengusaha. Bila Anda ingin mencoba sebagai bagian promosi usaha, tidak ada salahnya mengetahui seluk beluk jasa ini.

Sesuai arti harfiahnya, endorse adalah dukungan. Bila dijabarkan lagi, ialah bentuk support dari orang yang sudah terkenal pada suatu produk. Tujuannya jelas untuk memasarkan dan membuatnya laris diburu konsumen. Adapun orang yang sudah terkenal yang dimaksud biasanya datang dari public figure, artis, influencer, youtubers, maupun selebgram, dan sebagainya. Memanfaatkan jumlah pengikut untuk mengerek nama produk supaya cepat ikut terkenal.

Baca juga: Strategi Membuat Akun Jualan Yang Sehat

Memakai jasa endorse sendiri saat ini juga dinilai lebih berdampak pada suatu usaha. Tak hanya menghemat biaya promosi, melainkan juga lebih efektif. Mengingat media sosial saat ini sudah menjadi bagian tersendiri dari lifestyle.

Jasa sewa sesuai dana promosi

Sebelum memakai jasa pendukung atau endorser, sebaiknya intip dulu berapa tarif yang dikenakan. Ada baiknya sesuai dengan dana promosi yang telah dianggarkan oleh perusahaan internal Anda. Umumnya, semakin terkenal seorang endorser, semakin tinggi pula tarifnya.

Namun tidak semua meminta bayaran. Ada pula yang gratis, khususnya bagi seorang endorser pemula dengan followers masih sedikit.

Track record endorser

Pantau terlebih dulu bagaimana track record endorser selama ini. Sebisa mungkin jarang atau tidak memiliki berita kontroversial. Contohnya pernah terlibat kasus kriminal atau melakukan tindakan tak senonoh. Hal yang bisa merugikan produk Anda sendiri. Sebaliknya, punya citra diri yang positif nan selaras dengan branding produk. Agar dukungan darinya terasa lebih nyata untuk para penggemar dan calon pembeli.

Baca juga: Faktor Penyebab Bisnis Rumahan Bisa Gagal

Interaksinya dengan followers

Lihat kembali interaksi dengan followers dalam akun mereka. Komunikasi seperti jarang membalas komentar dari penggemar tampaknya perlu diperhitungkan sebelum menyewa jasa mereka. Lantaran interaksi yang baik seharusnya terukur dari seberapa banyak dirinya dekat dengan orang-orang yang mengidolakan. Tidak berhenti sebatas mengunggah foto, video, dan caption saja. Apalagi sering berinteraksi, tapi lebih kerap membalas dengan kalimat pedas.

Intip efektivitas jasanya

Intip seberapa besar efektivitas jasanya. Sebab biasanya para endorser sudah pernah melakukan pada produk lain. Caranya dengan memantau komentar yang dilayangkan para penggemar. Apakah atensi terarah pada produk yang diiklankan, pada hal yang menyangkut pribadi endorser, atau malah tidak ada korelasi sama sekali. Jika sekiranya tidak banyak menghasilkan ketertarikan, lebih baik pikir ulang.

Akad sewa jasa

Teliti akad sewa jasa yang disodorkan oleh pihak endorser. Dari bentuk dukungan yang diterima, biaya sewa, durasi dukungan, dan detail lainnya. Tanyakan bila ada yang merugikan. Tak lain untuk menghindari cacat kontrak di kemudian hari.

Baca juga: Strategi Bisnis Bertahan Di Tengah Pandemi

Sewa secara rutin

Menggunakan jasa endorser memang tak sepenuhnya jaminan produk langsung laris di pasaran. Dalam hal ini, Anda dapat mengakalinya dengan menyewa lagi dan rutin. Pengulangan untuk menunjukkan eksistensi produk dan memunculkan peluang produk semakin sering dilihat khalayak banyak. (LAF)

 

Foto ilustrasi: Pexels, Freepik

Follow instagram: @etalaseserpong