Yuk Coba Berani Katakan “Tidak”

25
Berani mengatakan "tidak" demi kebaikan diri sendiri.

Kamu pasti pernah deh merasa “enggak enakan” sehingga apapun kata atau perintah orang lain terpaksa kamu telan mentah-mentah tanpa pikir panjang. Dalam hati sebenarnya sih enggak mau, tapi kamu sangat khawatir jika yang lain merasa kecewa. Akhirnya kamu enggak pernah mengatakan “tidak”. Padahal kamu juga harus banget mementingkan dirimu terlebih dahulu baru orang lain.

“Sepertinya budaya ‘enggak-enakan’ ini memang lumrah ya di Indonesia. Sehingga turun temurun sampai ke generasi muda pun sifatnya masih tetap sama. Kadang sifat ini justru bikin kita engga maju-maju gitu. Memang harus dimulai dari sekarang, mementingkan diri sendiri dulu,” ujar Yovan selaku warga Gading Serpong.

Seperti yang dikutip dari livehappy.com, meskipun sederhana, kata “tidak” bisa berdampak besar bagi masa depan serta hubunganmu dengan orang lain. Kamu boleh saja menolong orang lain, tapi semua harus dilakukan dengan banyak pertimbangan. Memang terkadang kamu harus melakukan hal-hal di luar batas untuk mencapai sesuatu. Namun, tidak semua hal apalagi yang bersifat remeh harus dilakukan lho. Berikut ini adalah alasan kenapa mengatakan “tidak” justru positif untuk hidupmu sendiri.

Menghargai waktu sendiri

Ada hal yang lebih mahal dari kekayaan yaitu waktu. Hidup ini singkat dan penuh liku. Lebih baik gunakan waktumu untuk melakukan kegiatan yang berguna bagi kehidupanmu sendiri. Karena pada akhirnya yang bisa menolong dirimu saat susah adalah dirimu sendiri bukan orang lain.

Lebih mencintai diri sendiri

Berani mengatakan “tidak” kepada orang lain adalah bukti nyata bahwa kamu lebih mencintai dirimu sendiri. Tidak ada salahnya menolong orang lain atau melakukan hal sepele sesekali. Namun, jangan biarkan orang lain memandangmu sebagai tempat pelampiasan atau sasaran empuk untuk dimanfaatkan.

Orang lain akan menghargaimu

Dengan berani mengatakan “tidak” secara tegas, kamu menunjukkan kepada orang lain bahwa mereka tidak bisa berlaku seenaknya pada dirimu. Orang lain akan berpikir dua kali ketika ingin memanfaatkan kebaikanmu dalam berbagai kepentingan.

Menjadi sosok yang lebih realistis

Tidak menguasai bidang tertentu bukanlah sesuatu yang buruk. Seringkali kita melakukan hal di luar kemampuan demi menyenangkan hati orang lain. Pada akhirnya kamu akan lelah baik secara fisik mau pun mental. Berani mengatakan “tidak” bukan hanya bukti cinta diri sendiri tetapi juga sebagai bukti jika kita mengakui kekurangan yang ada dalam diri sendiri.

 

Penulis: Maria Theresia

Foto ilustrasi: Pixabay.com/geralt

Follow Instagram @etalaseserpong