Yuk, Manfaatkan Instagram untuk Promosikan Bisnis Anda!

160

Di era melek teknologi seperti sekarang, gaya berbisnis tak lagi sekonvensional dulu. Promosi pun tak terpaku pada iklan di baliho, media cetak, flyer-flyer, atau radio. Anda bisa menciptakan konten promosi sendiri dan mempromosikannya sendiri. Semuanya bisa Anda lakukan melalui media sosial.

Salah satu media sosial yang sudah cukup awam di kalangan masyarakat, yaitu Instagram. Sosial media yang dirilis pada 2010 ini sekarang memiliki sekitar lebih dari 700 juta pengguna aktif setiap bulannya. Besarnya pengguna aktif ini menjadikan Instagram sebagai lahan promosi yang subur.

Jika Anda selama ini sudah memiliki akun Instagram pribadi, tentu Anda tidak terlalu asing dengan fitur-fiturnya. Anda bisa mengoptimalkan fitur Instagram untuk berbisnis dengan mendaftarkan akun khusus bisnis. Akun khusus bisnis ini memiliki beberapa fitur yang sangat berguna. Misalnya, fitur Insights yang berisi statistik pengunjung akun dan fitur Promotion yang bisa digunakan untuk menjangkau pengguna Instagram yang belum menjadi follower.

Fitur-fitur tersebut bisa Anda manfaatkan untuk mengoptimalkan strategi marketing Anda sehingga produk/jasa yang Anda tawarkan bisa diketahui khalayak yang lebih luas.

Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut untuk mulai melakukan promosi di Instagram!

  1. Fokus pada konten

Anda bisa mulai mem-posting konten yang sesuai dengan produk/jasa yang Anda tawarkan. Fokuslah pada solusi yang bisa Anda tawarkan. Ungkapkan bahwa Anda memiliki penawaran menarik melalui produk/jasa. Berikan nilai pada layanan Anda agar pelanggan terus mengingat Anda.

Ciptakan konten visual yang menarik. Jika bisnis Anda berupa jasa, Anda bisa memasukkan proses pengerjaan/pelayanan dalam bentuk video atau foto. Tunjukkan pula budaya yang menjadi ciri khas perusahaan Anda, bagikan misi Anda, atau sesimpel berbagi tips dan trik.

Anda bisa mengunggah foto, video, atau memanfaatkan Instagram Story untuk meningkatkan awareness follower Anda. Ciptakan konten yang mengajak follower Anda untuk berinteraksi dan merasa dekat dengan brand Anda.

Evan Petra, salah satu pemilik dari Nasi Bogana Ny Anlay yang terletak di Ruko Bolevard BSD City, mengakui bahwa konten cukup penting. Evan menuturkan, foto-foto makanan di Instagram harus dibuat sedemikian rupa hingga pelanggan yang melihatnya tertarik untuk memakannya. Oleh karena itu, dia memutuskan untuk hire tenaga profesional untuk menciptakan foto-foto berkualitas agar produk-produknya menarik di mata pengunjung Instagram.

  1. Ciptakan profil yang menarik

Profil bisa menjadi salah satu kekuatan Anda. Ada banyak hal yang bisa Anda tulis pada bagian ini, tetapi fokus saja pada keunikan bisnis Anda. Sertakan pula informasi mengenai event, promosi, atau produk terbaru Anda.

Pilihlah Instagram Business Profile agar Anda mendapatkan semua fitur bisnis yang Anda butuhkan. Selalu upgrade bagian Bio agar siapa pun yang mengeklik profil Anda akan menemukan informasi terkini perihal brand Anda.

  1. Ajak costumer “mengenal” Anda lebih dalam

Pelanggan punya kecenderungan untuk selalu ingin tahu tentang asal-usul produk dari sebuah brand. Anda bisa menggunakan Instagram untuk menjelaskan history dari jasa dan produk Anda. Dengan mengetahui sejarah perusahaan Anda, pelanggan akan merasakan bonding dan membuatnya akan loyal kepada Anda tanpa diminta!

  1. Perluas jangkauan dengan hastags

Selalu gunakan hastags yang relevan pada tiap posting-an Anda, baik pada feed maupun Instagram Story. Anda bisa menggunakan hashtags yang paling umum dan banyak dicari orang. Jangan lupakan gunakan hastags brand Anda sendiri untuk memudahkan pencarian. Anda juga bisa menambahkan beberapa hastags populer, misalnya #instagood atau #tbt untuk menjangkau lebih banyak pengguna.

  1. Berkolaborasi

Instagram merupakan media yang memiliki kekuatan dalam hubungan kolaborasi. Anda bisa memanfaatkan ini untuk meningkatkan awareness lebih banyak orang. Tak perlu memiliki hubungan kerja sama resmi dengan beberapa organisasi atau perusahaan besar untuk melakukan hal ini. Anda hanya perlu mengutarakan bahwa misi Anda sejalan dengan ide/inovasi yang dilontarkan oleh, misalnya, Nike, WWF, atau brand besar lainnya. Biarkan mereka mengetahui bahwa brand mereka menginspirasi Anda.

Selain memanfaatkan paid promote, Evan dari Nasi Bogana Ny Anlay juga memanfaatkan teknik kolaborasi ini. Bisa dengan berbayar atau tidak, Anda bisa bekerja sama agar akun IG Anda di-mention oleh akun lainnya yang sudah memiliki follower lebih banyak.

Di masa depan, trik ini bisa menggiring Anda pada brand awareness yang konret.

  1. Ciptakan eksklusivitas

Tujuan utama Anda mempromosikan brand Anda adalah untuk membuat pelanggan Anda tetap tertarik dan loyal dengan brand Anda. Berikan reward kepada pelanggan setia dengan menyajikan konten-konten eksklusif. Berikan informasi terbaru mengenai produk, layanan, atau event terbaru yang akan Anda rilis. Ciptakan foto-foto teaser untuk membangkitkan excitement mereka. cara seperti ini akan membuat follower Anda akan selalu kembali ke profil Anda untuk mencari tahu langkah terbaru yang akan Anda ambil.

  1. Bangun dan analisis kesuksesan

Ciptakan kesuksesan Anda sendiri dan analisis secara berkala. Anda bisa memanfaatkan tools social media management untuk menjadwalkan kampanye Anda di Instagram. Anda juga bisa menggunakan social media analytics untuk mengukur tingkat keberhasilannya.